Gandeng Tenaga Ahli, Pemprov DKI Godok Masterplan RTH

Jakarta  SELASA, 12 FEBRUARI 2019 , 22:32:00 WIB

Gandeng Tenaga Ahli, Pemprov DKI Godok Masterplan RTH

Diskusi Jakarta Research and Public Policy/Han

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat masterplan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di ibukota.

Rancangan ini dibuat demi mengejar ketertinggalan DKI dari Kota Bandung dan Surabaya yang sudah lebih dahulu memiliki program perencanaan pembangunan RTH.

Kepala Seksi Perencanaan Pertamanan Bidang Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Hendrianto mengatakan, pihaknya akan melibatkan tenaga ahli dan audiensi dari tingkat internal dan eksternal dalam perencanaan ini.

"Dengan ada masterplan kita bisa membangun visi yang kuat, ini mau diapakan ruang terbuka hijau lahan itu zonanya hijau," kata Hendrianto saat menghadiri diskusi Jakarta Research and Public Policy (JRPP) tentang Tata Kelola Ruang Terbuka Hijau di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Hendri menambahkan, rencana RTH secara akademis belum ada aturan dalam penataan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Jakarta. Sehingga RTH di Jakarta masih terbilang belum ada pergerakkan secara signifikan dengan angka pergerakkan 14,9 persen.

Dalam masterplan ini, nanti akan diatur seluruh detail dari pembangunan RTH di Jakarta.

Mulai dari sifatnya apakah itu RTH aktif yang dapat dikunjungi warga untuk berekreasi atau RTH pasif yang berfungsi sebagai hutan kota, hingga tema dari RTH yang akan dibangun.

Lebih lanjut, Hendri menyebut masterplan ini sangat dibutuhkan agar jika terjadi pertukaran pemerintah, kebijakan pembangunan RTH tidak ikut berubah.

Masterplan ini direncanakan selesai dalam dua bulan ke depan. Nantinya, masterplan itu akan diajukan oleh Dinas Kehutanan sebagai Pergub dan diusahakan menjadi Perda.

Untuk diketahui, menurut data Dinas Kehutanan DKI, wilayah RTH DKI Jakarta masih dikisaran angka 14,9 persen. Sementara, Pemprov DKI Jakarta menargetkan RTH sebesar 30 persen.  Oleh karena itu masterplan dibutuhkan sebagai naskah akademik untuk peratuaran tata ruang tersebut.(dod/han)

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09