LRT Kelapa Gading-Velodrome Terancam Sepi Penumpang

Jakarta  SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 08:50:00 WIB

LRT Kelapa Gading-Velodrome Terancam Sepi Penumpang

LRT Jakarta/Ist

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Dwi Ratna mempersoalkan tarif kereta cepat Lintas Rel Terpadu (LRT) Kelapa Gading-Velodrome yang ditetapkan sebesar Rp 12 ribu.

"Warga malas naik LRT karena tarifnya mahal," kata Ratna saat dihubungi, Senin (18/2).

Menurut Ratna, tarif LRT masih terlalu mahal bila dibandingkan dengan jarak tempuhnya.

"Harusnya tarif diturunkan. Kalau Rp12 ribu lebih baik naik ojek online. Saya kira untuk rute Kelapa Gading-Velodrome tarif sebesar itu terlalu mahal,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Sementara, Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono, mengaku tidak resah bersaing dengan ojek online. Alasannya, walau jarak LRT Jakarta belum panjang, tetapi fasilitas yang ditawarkan sangat nyaman.

Allan mengaku telah berdiskusi dengan beberapa pengendara ojek online. Dan mendapat kesimpulan bahwa LRT Jakarta memiliki segmen yang berbeda.

Jadi mereka laku untuk jarak pendek ya, kalau jarak jauh banyak yang komplain. Bayangan saja nanti dari Kelapa Gading ke Dukuh Atas dengan kombinasi LRT dan Transjakarta harusnya laku,” tutur Allan.

Diketahui, proyek LRT Jakarta terbentang sepanjang 5,8 kilometer dari Velodrome, Jakarta Timur, hingga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Proyek tersebut awalnya ditargetkan selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018 yang digelar 18 Agustus. Namun, rencana tersebut diundur awal 2019. Hingga saat ini, pengerjaan enam stasiun LRT telah mencapai 94 persen hingga 97 persen.

Delapan rangkaian kereta LRT telah mendapatkan sertifikasi layak operasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). PT LRT Jakarta menargetkan waktu kedatangan antar kereta atau headway LRT Jakarta mencapai lima menit pada jam sibuk dan 15 menit pada waktu reguler.(dod)

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11