Wasekjen MUI: Yang Benar Jokowi Lahir di Pinggir Kali atau Rumah Sakit

Nasional  RABU, 06 MARET 2019 , 10:00:00 WIB

Wasekjen MUI: Yang Benar Jokowi Lahir di Pinggir Kali atau Rumah Sakit

Joko Widodo/Ist

Asal-usul capres petahana Joko Widodo alias Jokowi kembali menjadi sorotan. Teranyar soal lokasi kelahiran Jokowi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Salah seorang yang mempertanyakan lokasi kelahiran Jokowi adalah Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ustadz Tengku Zulkarnain.

Hal itu disampaikan Ustadz Tengku Zulkarnain melalui akun Twitternya, @ustadtengkuzul yang dikutip Rabu (6/3).

"Dari Dua Keterangan Ini Salah Satu Benar atau Dua2nya Benar? Yg Satu Bilang Lahir di Rumah Sakit. Dokumen Medisnya Masih Disimpan Rapi, Kata Brigitta. Dan, yang Satunya Langsung Mengatakan Lahir di Pinggir Kali. Ini Bukan Nyinyir. Tapi Mau Tahu Saja krn Heran, tapi Tdk Kaget Sih," tulis Ustadz Tengku Zulkarnain.

Sebelumnya, Jokowi bercerita bahwa dia berasal dari golongan keluarga tidak mampu.

Saya dari keluarga tidak mampu, lahir saya di pinggir kali,” ujar Jokowi dalam Deklarasi Relawan Pemuda Pancasila Jakarta di Istora Senayan, Jakarta (3/3).

Pengakuan Jokowi soal lahir di pinggir kali jadi pembicaraan warganet. Karena berdasarkan jejak digital, Jokowi dikabarkan lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Solo.

Rumah Sakit Brayat Minulya saat ini berlokasi di Jalan Setiabudi 106. Rumah sakit itu didirikan pada 8 Desember 1949 dengan menempati lokasi Jalan Kebalen Nomor 2, Solo. Sebelum jadi rumah sakit, Brayat Minulya merupakan balai pengobatan dan rumah sakit bersalin dengan kapasitas enam tempat tidur.

"Rumah sakit ini dirintis dan dikelola oleh suster-suster BKK (Biarawati Karya Kesehatan),” kata Kepala Humas Rumah Sakit Brayat Minulya, Brigitta Adventa, Rabu, 21 Juni 2017.

Pada 1952, Brayat Minulya mengembangkan pelayanannya seiring dengan kepindahannya ke Jalan Setia Budi. Rumah sakit ini memang tidak jauh dari rumah Presiden Jokowi waktu itu di Gilingan. Hanya berjarak sekitar dua kilometer.

Kalau dilihat dari catatan, Pak Jokowi lahir pada 21 Juni 1961. Di situ tertulis anak dari Nyonya Sudjiatmi Notomihardjo,” kata Brigitta.

Ia menjelaskan, rekam medis kelahiran Presiden Jokowi masih tersimpan rapi. Lantaran rekam medis menjadi rahasia rumah sakit, ia enggan menjelaskan lebih detail tentang kelahiran Presiden Joko Widodo.

Yang jelas rekam medis masih ada, masih kita simpan," kata dia.(dod)

Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00