Pertama di Asia, Lulusan Akademi Apple di BSD City Diapresiasi

Ragam  RABU, 13 MARET 2019 , 18:52:00 WIB | LAPORAN:

Pertama di Asia, Lulusan Akademi Apple di BSD City Diapresiasi

Airlangga Hartarto/Lov

Sebanyak 166 siswa angkatan perdana dinyatakan lulus dari Apple Developer Academy yang dinyatakan dalam acara The First Apple Developer Academy Graduation Fair di BSD City, Tangerang, Banten. Seluruh siswa tersebut lulus setelah mengikuti pelatihan selama satu tahun.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang hadir dalam acara tersebut, Selasa (12/3) kemarin mengapresiasi perusahaan teknologi Apple yang telah merealisasikan komitmen untuk mendirikan Apple Developer Academy di Indonesia. Lokasi yang dibangun di BSD City, yang juga merupakan pertama di Asia dan ketiga di dunia setelah Brasil dan Italia.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada perusahaan teknologi Apple yang telah merealisasikan komitmen untuk mendirikan Apple Developer Academy di Indonesia, yang merupakan pertama di Asia dan ketiga di dunia, setelah Brasil dan Italia," kata Airlangga.

Dikatakan Airlangga, Apple Developer Academy bertujuan menantang dan menginspirasi siswa melalui pendekatan berbagai bidang dalam pengajaran dan pembelajaran, dan merupakan wadah yang disediakan oleh Apple untuk memberikan siswa kemampuan membuat ide mereka menjadi aplikasi dan dipasarkan melalui App Store.

Angkatan kedua pelatihan akan dimulai pada 29 Maret 2019 mendatang yang akan diikuti 200 orang siswa.

Menurut Airlangga, pendirian akademi ini bagian dari proposal Apple untuk memenuhi ketentuan regulasi mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Di proposalnya PT Apple Indonesia memilih skema penghitungan TKDN berbasis pengembangan inovasi dengan nilai total investasi sebesar 44 juta dolar AS dengan jangka waktu tiga tahun terhitung sejak 2017 lalu.

"Kesungguhan PT Apple Indonesia dalam membangun pusat inovasi di Indonesia telah ditunjukkan dengan segera diresmikannya dan beroperasinya Apple Developer Academy yang kedua di Surabaya, dan yang ketiga di Nongsa Digital Park, Batam pada 2019 ini," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, industri elektronika menjadi satu dari lima sektor industri prioritas yang diusung pemerintah dalam Program Making Indonesia 4.0.

Sektor industri elektronika dan telematika sendiri merupakan salah satu sektor industri prioritas sesuai dengan RIPIN 2015-2035 dalam PP Nomor 14 tahun 2015.

"Dalam Revolusi Industri 4.0 terdapat lima teknologi dasar sebagai fundamental penguasaan teknologi, diantaranya artificial intelligence, internet of things, wearables (augmented reality dan virtual reality), advanced robotics, dan 3D printing," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan teknologi yang diterapkan dalam industri merupakan salah satu dari lima teknologi kunci tersebut.

Lantaran itu, peran sektor industri elektronika dan telematika sangatlah penting dalam mendukung Revolusi Industri 4.0 baik sebagai pihak pengguna maupun penyedia jasa produk.

Selain Airlangga Hartarto, The First Apple Developer Academy Graduation Fair tersebut juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.(dod)

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09