Relawan Sahabat Aksi Copoti APK Caleg Gerindra Ini

Politik  RABU, 13 MARET 2019 , 20:41:00 WIB

Relawan Sahabat Aksi Copoti APK Caleg Gerindra Ini

Adi Kurnia Setiadi/Ist

Puluhan relawan Sahabat Adi Kurnia Setiadi (Aksi) bergerak mencopoti alat peraga kampanye (APK) Caleg DPRD DKI Jakarta asal Partai Gerindra Dapil V Adi Kurnia Setiadi.

Pencopotan APK Adi Kurnia Setiadi dilakukan pada Selasa (12/3) kemarin di wilayah Kecamatan Kramat Jati, Jatinegara dan Duren Sawit.

"Satu hari sebelum penertiban APK serentak oleh Bawaslu, kami sudah melakukan pencopotan sendiri. Ini sesuai imbauan Bawaslu," kata Adi Kurnia Setiadi di Jakarta, Rabu (13/3).

Menurut Adi, pembersihan APK miliknya itu sekaligus meringankan kerja Bawaslu dan Satpol PP.

"Saya ini berlatar belakang pengacara, karena itu saya harus menaati imbauan Bawaslu untuk membersihkan seluruh alat peraga kampanye yang melanggar," ujar Adi.

Diketahui, Bawaslu DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang dipasang pada tempat-tempat yang dilarang.

Penertiban APK ini dilakukan serentak di lima kota admistrasi Jakarta pada Rabu (13/3), dengan melibatkan ratusan personel Satpol PP.

"Jadi, penertiban alat peraga memang kita agendakan dari istilahnya sudah jauh-jauh hari. Hari ini baru kita laksanakan," kata Ketua Bawaslu DKI Jakarta, M Jufri saat dihubungi.

Penurunan paksa spanduk, banner serta poster calon anggota legislatif yang mengotori wajah ibukota ini, menurut Jufri, sesuai dengan amanat Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umun (KPU) DKI: SK Nomor 175/PL.01.5-Kpt/31/Prov/IX/2018 tentang Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye.  

Sebelum penertiban APK dilakukan, Bawaslu terlebih dahulu memberi ultimatum kepada partai politik untuk menurunkan APK tersebut. Peringatan itu sudah dilayangkan seminggu sebelumnya.

"Sudah lama, sudah seminggu yang lalu disampaikan kita peringati. Karena partai politik tidak menurunkan alat peraganya sendiri, maka Bawaslu akan menurunkan bersama dengan Satpol PP. Nah itu dilaksanakan hari ini," ujar Jufri.(dod)

Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26