DPRD Bikin Pansus Tatib, Gerindra Bantah Memperlambat Pilih Wagub

Politik  KAMIS, 14 MARET 2019 , 11:32:00 WIB

DPRD Bikin Pansus Tatib, Gerindra Bantah Memperlambat Pilih Wagub

Syarif/Ist

Pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta sepertinya tak rampung sebelum pencoblosan Pilpres 2019. Pasalnya, DPRD DKI Jakarta baru akan membentuk panitia khusus untuk proses lanjutan pemilihan wagub pendamping Gubernur Anies Baswedan.

Pansus tersebut dibentuk untuk menentukan tata tertib pemilihan, sebelum nama kedua calon dari PKS yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto divoting dalam rapat paripurna DPRD DKI.

"Kemarin kan kita mendengarkan penjelasan dari Kementerian Dalam Negeri, putusan kemarin menjelaskan tentang peraturan pemerintah tentang pergantian kepala daerah yang kosong. Banyak hal yang dipaparkan, pada satu kesimpulan segera dibentuk Pansus, nah Pansus itu untuk apa? untuk menyusun tata tertib," kata Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Syarif saat dikonfirmasi, Kamis (14/3).

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI ini mengatakan, pembentukan pansus tersebut tidak memperlambat proses pemilihan wagub yang berlangsung.

Sebab, kata Syarif, pemilihan wagub bisa segera terlaksana hanya saja butuh waktu sekitar satu atau dua minggu ke depan untuk menyusun tata tertib pemilihan yang dilakukan oleh panitia khusus tersebut.

"Enggak (memperlambat) dong. Kan bisa cepat bisa lambat. Itu berpengaruh sama tadi pembentukan Pansus Tata Tertib. Kalau sudah disusun tata tertib seminggu keluar mah pemilihan cukup sehari," ujar Syarif.

"Saya rasa sudah bagus kemarin sudah siap segera ini pembentukan penyusunan tata tertib. Tadi saya bilang bisa seminggu bisa dua minggu," imbuhnya.

Sebelumnya DPRD telah menggelar rapat pimpinan gabungan untuk membahas mengenai pembentukan pansus tersebut.

Syarif menjelaskan, bahwa panitia khusus nantinya bertugas untuk membuat segala bentuk tata tertib yang bersangkutan dengan mekanisme pemilihan.

Setelah pansus dibentuk, lanjut Syarif Ketua DPRDvakan kembali mengirimkan surat ke fraksi-fraksi untuk segera mengirimkan anggotanya untuk pembentukan panitia pemilihan.

"Panitia pemilihan sama kayak pansus. Ketua DPRD bersurat ke fraksi-fraksi untuk dikirim anggota fraksi secara proporsional keanggotaannya. Panitia pemilihan bisa setelah pansus dong. Pansus dulu terbentuk untuk membuat tata tertib, setelah itu baru membuat panitia pemilihan. Kalau kita lihatnya dari percepatan pembentukan pansus kan," pungkas Syarif.(dod)

Komentar Pembaca
Deklarasi Korps Alumni FKDM

Deklarasi Korps Alumni FKDM

KAMIS, 19 DESEMBER 2019 , 13:58:00

Selfie Bareng  Anies

Selfie Bareng Anies

JUM'AT, 20 DESEMBER 2019 , 20:45:00

Anies Keliling Pantau Misa Natal

Anies Keliling Pantau Misa Natal

SELASA, 24 DESEMBER 2019 , 19:24:00