Ferrial Sofyan Tak Beretika!

Politik  KAMIS, 14 MARET 2019 , 12:25:00 WIB

Ferrial Sofyan Tak Beretika!

Ferrial Sofyan/Ist

Sikap anggota Fraksi Partai Demokrat-PAN DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan yang bersikeras duduk di jajaran kursi pimpinan Dewan saat paripurna pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta Pergantian Antar Waktu (PAW) Jimmy Alexander Turangan menuai sorotan.

Pasalnya, Ferrial sudah diberhentikan sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sejak 23 Januari 2019 lalu.

"Keberadaan Ferrial Sofyan di kursi pimpinan Dewan bisa jadi preseden buruk dari segi kode etik. Dia kan sudah dicopot SBY sebagai wakil ketua, meski belum ada surat pemberhentian dari Mendagri," kata Pengamat Kebijakan Publik Amir Hamzah di Jakarta, Kamis (14/3).

Hal senada disampaikan Kadiv Hukum dan HAM DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. Ia menyesalkan Ferrial masih duduk di kursi pimpinan saat rapat paripurna.

Diketahui, saat rapat paripurna Rabu (13/3) kemarin, Ferrial Sofyan terlihat duduk bersama pimpinan DPRD lainnya, antara lain Triwisaksana (PKS), Mohamad  Taufik (Partai Gerindra) dan Ichwan Jayadi (PPP).

Padahal posisi Ferrial sebagai wakil ketua DPRD DKI sudah resmi digantikan oleh koleganya, Santoso dalam Sidang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/2) lalu.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan dihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Dalam pelantikan tersebut Ferrial tidak hadir.

Ferrial Sofyan resmi dicopot dari jabatannya sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta per hari ini,” kata Prasetio.

Prasetio berharap Santoso sebagai pengganti Ferrial bisa menuntaskan sisa kepemimpinannya yang akan berakhir pada Agustus 2019.

Prasetio mengatakan, proses pergantian Ferial merupakan usulan langsung dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dilayangkan kepada DPRD DKI.

Jadi proses pergantian pimpinan dewan ini memang atas usulan langsung dari pimpinan Partai Demokrat,” ujar Prasetio.

Ferrial dicopot melalui Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor 06/SK/DPP.PD/I/2019 yang ditanda tangani oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan pada 23 Januari 2019 lalu.

Setelah dicopot dari jabatan wakil ketua DPRD DKI, Ferrial ditempatkan sebagai anggota Komisi B.

Ferrial diketahui menduduki kursi wakil ketua DPRD sejak Agustus 2014. Sebelumnya, pada periode 2009-2014 Ferrial menduduki jabatan ketua DPRD.(dod)

Komentar Pembaca