Ban Truk Gundul, Sopir Cemas Antar Sampah ke Bantar Gebang

Jakarta  SENIN, 18 MARET 2019 , 13:32:00 WIB

Ban Truk Gundul, Sopir Cemas Antar Sampah ke Bantar Gebang

Ban truk sampah/Ist

Ternyata persoalan ban truk sampah para sopir truk di lingkungan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara hingga kini tak kunjung rampung. Tak ayal kondisi ini membuat cemas awak sopir truk saat mengantarkan sampah ke TPST Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Pasalnya, mereka mau tidak mau harus mengemudikan truk yang mayoritas bannya sudah gundul alias rawan kecelakaan.

Untuk mensiasatinya agar tidak kecelakaan akibat pecah ban, para sopir terpaksa harus meminta ban bekas kepada para koleganya di Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah lain.

Hanya diwilayah kami saja yang juga belum diganti. Padahal setiap hari nyawa kita dipertaruhkan saat membawa truk sampah dengan muatan yang berat. Makanya kami minta ban bekas kepada wilayah lain," keluh salah seorang supir truk berinisial K, Senin (18/3).

Menurut K, dirinya bersama para sopir lainnya yang ada di Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara merasa khawatir dengan kondisi ban yang seperti itu.

Namun demi  terciptanya kawasan yang bebas sampah, rasa khawatir itu dikesampingkan.

"Jujur kita tidak mau melakukan pungli kepada para gerobak sampah yang ada selama ini hanya untuk membeli ban bekas, karena kita tidak ingin dipecat hanya gara-gara itu. Selain itu kita juga sudah laporkan ke Sudin Sarana dan Prasarana (Sapras) tapi juga belum ada tanggapan,” pungkasnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi masalah ini, Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara Slamet Riyadi mengaku, hingga saat ini pelaksanaan pergantian ban truk di Jakarta Utara belum juga terlaksana.

Masih proses lelang di UPPBJ mudah-mudahan akhir bulan ini selesai,” ujar Slamet.(dod)

Komentar Pembaca