Anies Janji Tambah Pengolahan Air Laut

Kepulauan Seribu  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 17:03:00 WIB

Anies Janji Tambah Pengolahan Air Laut

Anies Baswedan/Han

RMOLJakarta.Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berniat menambah alat pengolahan air laut menjadi air tawar di Kepulauan Seribu. Alat ini disebutnya akan menjadi solusi atas permasalahan air bersih di Kepulauan Seribu.

Anies mengatakan, saat ini sudah tersedia empat unit alat pengolahan air laut menjadi air tawar atau Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang tersebar di beberapa pulau. Rencananya Pemprov DKI akan menambah lima unit di beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

"Alhamdulillah tahun kemarin (Pemprov DKI) sudah membangun 4 fasilitas SWRO, Sea Water Reverse Osmosis, dan harapannya nanti kita akan bisa membangun (total) 9 sehingga dari 11 pulau yang berpenghuni kita bangunkan 9 SWRO ini," kata Anies seusai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jumat (22/3).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mencontohkan ratusan dari ribuan rumah di Pulau Pramuka yang sudah merasakan dampak positif dari penyediaan alat SWRO ini untuk kebutuhan air bersih.

"Ada sekitar seribu rumah di tempat ini, 300 sudah terjangkau dengan air dari SWRO ini. Nantinya kita akan menjangkau semua rumah. Tahun 2018 kemarin sudah sepertiga, dua per tiga kita akan kerjakan tahun ini, dan tahun depan," ucap Anies.

Selain SWRO, Anies menambahkan Pemprov DKI juga akan membangun alat pengolahan air payau menjadi air minum atau Backrish Water Reverse Osmosis (BWRO).

"Nah BWRO kualitas airnya itu tidak kalah bahkan katanya lebih baik daripada air-air yang diproduksi pada air kemasan yang selama ini kita beli di toko-toko," ungkap Anies.

Anies berharap beberapa pembangunan melalui Musrenbang ini bisa benar-benar terealisasi agar kebutuhan air bersih di Kepulauan Seribu berdampak lurus dengan kesehatan masyarakatnya.(dod/han)

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Cegah Banjir, 41 Drainase Vertikal Dibangun di Jaktim
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00