Prabowo Minta Transjakarta Tak Bereksperimen Dengan Bus Listrik China

Jakarta  SABTU, 23 MARET 2019 , 21:31:00 WIB

Prabowo Minta Transjakarta Tak Bereksperimen Dengan Bus Listrik China

Prabowo Soenirman/Ist

RMOLJakarta.Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Prabowo Soenirman ikut mengkritisi rencana PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus Transjakarta buatan China.

"Janganlah Transjakarta bereksperimen dengan bus listrik bikinan China. Kita sudah tahu sejauh mana kualitas bus buatan China," kata Prabowo saat dihubungi, Sabtu (23/3).

Prabowo menyarankan PT Transjakarta mempercayakan bus listrik buatan Eropa yang sudah teruji kualitasnya.

"Bus Eropa kelas dunia untuk armada Transjakarta, publik puas dan hampir tak terdengar masalah bus-bus Transjakarta itu. Beda dengan bus China, masalahnya banyak, mogok, terbakar dan sebagainya," ujar Prabowo.

Diketahui, dua bulan ke depan PT Transjakart akan punya bus listrik yang beroperasi di rute Transjakarta. Bus listrik yang akan diujicoba yakni MAB dan BYD. MAB (Mobil Anak Bangsa) produk lokal, sedangkan BYD merek asal China.

Nantinya, bus-bus tersebut tidak akan langsung dibeli oleh Transjakarta. Transjakarta akan pakai sistem sewa per kilometer dari operator-operator bus yang memiliki bus-bus listrik tersebut

"Jadi perlu dipahami, bukan berarti Transjakarta membeli armada (bus listrik). Armada bus akan dioperasikan mitra operator," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono.

Dijelaskan Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi, distributor BYD di Indonesia, bus listrik BYD akan diujicoba terlebih dahulu selama 6 bulan.

"Jadi kami tetap ikuti proses. Kami ikut adakan penawaran, ikuti verifikasi teknis dan jadi salah satu contender. Tahapan berikutnya, trial selama 6 bulan. Jika sudah selesai, mereka lihat hasilnya. Kalau memang Transjakarta menilai layak, baru mereka akan open order," kata Dino.

Agung menambahkan, operator bus listrik akan menjadi mitra Transjakarta yang memiliki bus dan sekaligus mengelolanya perawatannya. "Transjakarta dalam ujicoba akan membayar biaya operasional, sehingga kita bisa ketahui berapa sesungguhnya biaya operasional yang diperkirakan akan rendah," kata Agung.

Berdasarkan informasi, bus BYD yang akan diujicoba bulan Mei merupakan bus yang diimpor oleh Bakrie Autoparts. Sementara untuk bodinya dibikin karoseri lokal, Nusantara Gemilang.

BYD Ltd sendiri sebenarnya merupakan produsen baterai listrik yang cukup terkemuka di China. Kemudian BYD mengembangkan usahanya. BYD memproduksi bus listrik serta mobil murah yang telah dikirim ke berbagai negara.(dod)

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00

Zohri Disopiri Jokowi

Zohri Disopiri Jokowi

KAMIS, 19 JULI 2018 , 00:13:00

Terburuk Dalam Sejarah

Terburuk Dalam Sejarah

JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 09:28:00

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 09:46:00