Prabowo: Pertahanan Indonesia Rapuh, Kalian Ketawa

Politik  MINGGU, 31 MARET 2019 , 09:12:00 WIB

Prabowo: Pertahanan Indonesia Rapuh, Kalian Ketawa

Jokowi-Prabowo/Net

Suara Capres nomor 02 Prabowo Subianto mendadak meninggi ketika mendengar tawa penonton debat yang menertawakan isu pertahanan negara yang lemah.

Dalam kesempatan debat keempat menjelang Pilpres 2019 itu, awalnya, Prabowo meminta agar Jokowi memberikan perhatian terhadap pertahanan negara.

"Saya mohon Pak, bukan menyalahkan. Saya berpendapat, kekuatan pertahanan kita sangat rapuh, sangat lemah. Bukan salah Bapak, salah enggak tahu saya. Elit," kata Prabowo dalam debat yang berlangsung di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3) malam.

Tak lama, terdengar tawa dari beberapa penonton debat. "Yang ketawa, kenapa kalian ketawa? Pertahanan Indonesia rapuh, kalian ketawa, lucu ya. Kok lucu?," tanya Prabowo.

Prabowo mengatakan, pertahanan nasional lemah. "Saya bukan menyalahkan, tapi saya berpendapat kekuatan pertahanan kita lemah dan rapuh," ujar Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo menyinggung pengalamannya di militer dahulu. Ia menyebut budaya ABS atau "asal bapak senang" kental di dunia militer.

"Budaya ABS banyak, Pak. Kalau ketemu Panglima, siap Pak, aman, Pak, terkendali, Pak. Radar cukup, Pak," cetus Prabowo.

"Pak, tidak benar, tidak benar," kata Prabowo kepada Jokowi.

"Saya tidak menyalahkan Bapak. Ini budaya Indonesia, ABS. Jadi mohon kita kaji pertahanan sangat penting, kita tidak mau mengancam siapa pun, tapi kita lemah, Pak," tambah Prabowo.(dod)

Komentar Pembaca