Kisruh Lahan, Yusril Turun Tangan Bantu Ribuan Warga Koja

Hukum  MINGGU, 31 MARET 2019 , 15:37:00 WIB

Kisruh Lahan, Yusril Turun Tangan Bantu Ribuan Warga Koja

Yusril Ihza Mahendra/Ist

Pengacara kenamaan Yusril Ihza Mahendra menerima 1.250 surat kuasa dari warga RW 08 Komplek Uka, Koja, Jakarta Utara, untuk pengurusan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Mereka menyerahkan surat kuasa karena mereka menghadapi masalah (sertifikat) tanah," kata Yusril melalui keterangan tertulisnya, Minggu (31/3).

Ketua Umum PBB ini mengatakan, masalah sertifikat tanah yang dimaksud adalah persoalan sengketa dengan perusahaan.

Menurut Yusril, permasalahan sengketa tanah yang ada kebanyakan berkaitan dengan klaim dari perusahaan-perusahaan besar.

"Ada contoh keluhan misalnya lima pengusaha yang mengaku sudah memiliki HGB (Hak Guna Bangun), atau seperti di Komplek Uka ini dulunya milik Yayasan Uka sudah dilikuidasi dan sekarang secara khusus sudah dikuasai oleh negara," ujar Yusril.

Yusril menilai, ketika tanah sudah dikuasai negara dan belum dalam status kepemilikan, warga yang menempati lahan selama 20 tahun lebih berhak mengurus PTSL.

Karenanya, Yusril bersedia membantu warga empat kampung tersebut yang hingga kini belum punya sertifikat tanah.

"Intinya kami ini advokat, kalau diminta bantuan harus bisa tanganin atau enggak. Jadi kalau masyarakat minta bantu hak-hak mereka ya kita bantu," tegas Yusril.

Yusril menjanjikan apabila dokumen warga sudah lengkap, pengurusan sertifikat tanah bisa selesai selambat-lambatnya Oktober 2019.

"Paling masyarakat tinggal beli materai Rp 6 ribu," ucap Yusril.

Adapun rincian surat kuasa yang diberikan adalah lebih kurang 500 lembar dari Kampung Sawah, 500 dari Komplek Uka, 150 dari Kampung Japat, dan 100 dari Kampung Sepatan.(dod)

Komentar Pembaca