Anies Marahi Kontraktor LRT Jabodebek

Jakarta  KAMIS, 04 APRIL 2019 , 17:21:00 WIB

Anies Marahi Kontraktor LRT Jabodebek

Anies Baswedan/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingatkan kontraktor proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek maupun ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) agar mematuhi aturan Amdal yang telah disepakati bersama.

"Hari ini, saya menginspeksi lokasi-lokasi yang menjadi tempat pembangunan yang menutup saluran air. Sehingga ketika hujan deras dengan volume besar seperti kemarin, terjadi genangan yang cukup lama," kata Anies di Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Anies meninjau langsung beberapa proyek pembangunan infrastruktur di Jakarta yang telah menyebabkan saluran air terhambat sehingga menimbulkan genangan ketika hujan deras.

"Kita temukan bahwa saluran-saluran air kita tertutup oleh pilar-pilar pembangunan LRT," ujar Anies.

Anies mengungkapkan pihak kontraktor tidak mampu menyiapkan pompa air dalam mengatasi volume hujan deras, karena pompa yang tersedia bersifat dinamis dan tidak permanen.

Selain itu, jumlah pompa dinilai masih kurang sehingga pihak Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air ikut turun tangan.

"Jadi, mereka akan lakukan koreksi. Saya akan pantau. Dan saya minta Adhi Karya untuk lebih cepat di dalam mengantisipasi. Ini semua ada di Amdal. Ketika menyusun Amdal, itu ada kewajiban-kewajiban untuk mereka menyiapkan semua instrumen pencegah banjir," tegas Anies.

Selain itu, dalam peninjauannya di pembangunan LRT daerah Cawang, Anies menemukan saluran air yang ada telah tertutup lumpur akibat penggalian proyek. Sedangkan di ruas tol Becakayu, dia mendapati saluran air telah tertutup total dan tidak disiapkan mekanisme saluran penggantinya.

"Jadi, tugasnya (kontraktor) itu bukan memompa air. Tugasnya meniadakan genangan. Kalau meniadakan genangan, ya pompanya ditambah, kemudian salurannya dipastikan lancar," pungkas Anies.(dod)

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19