Politisi Gerindra Ini Perkenalkan Permainan Tradisional Betawi

Olahraga  SABTU, 06 APRIL 2019 , 12:50:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Politisi Gerindra Ini Perkenalkan Permainan Tradisional Betawi

Taufan Aji Nugraha/Dod

Perlahan tapi pasti olahraga tradisional Indonesia bisa lenyap dan bakal digantikan permainan modern yang justru membuat anak-anak Indonesia tidak kreatif.

"Hal itulah yang ingin kami hindari, karena ini merupakan tanggung jawab kita semua. Makanya kami berupaya memperkenalkan kembali macam-macam olahraga tradisional khas Betawi ini kepada generasi milenial," kata Pembina Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) DKI Jakarta, Taufan Aji Nugraha di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (6/4).

Itu sebabnya, salah satu cara untuk melestarikan olahraga tradisional ini digelar berbagai kegiatan seperti gobak sodor (galasin), tarik tambang dan permainan Si.

"Kegiatan Piala Garuda Emas ini diikuti sekitar 750 peserta dari sejumlah kampung di Jakarta Timur," ujar Caleg DPRD DKI Jakarta asal Partai Gerindra Dapil 6.

Ajang yang dibuka Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto ini membuat GOR Ciracas penuh dengan aktivitas remaja berusia belasan tahun. Mereka begitu antusias memainkan berbagai lomba tradisional yang dulu menjadi permainan orang-orangtua mereka.

Bahkan para orangtua yang menyaksikan ikut histeris kalau anaknya tak lolos dari penjagaan dalam permainan gobak sodor.

"Sesuai pesan Wakil Walikota, kami akan rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya," pungkas Taufan.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN