Pemkab Kepulauan Seribu Fokus Pemenuhan Kebutuhan Dasar Warga

Jakarta  JUM'AT, 12 APRIL 2019 , 19:13:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pemkab Kepulauan Seribu Fokus Pemenuhan Kebutuhan Dasar Warga

Husein Murad/Dod

Pemkab Kepulauan Seribu berupaya memenuhi kebutuhan dasar bagi warga di Kepulauan Seribu. Termasuk, melalui sinergistas dan berkolaborasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan stakeholder terkait.

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, kebutuhan dasar itu meliputi transportasi, kebutuhan air bersih, harga pangan murah, dan layanan kesehatan.

Menurut Husein, untuk kebutuhan transportasi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta tahun ini melakukan kajian untuk merealisaikan sarana transportasi yang lebih di 11 pulau permukiman.

Kajian itu juga meliputi jalur kapal hingga layanan hingga Pulau Sebira," kata Husein, Jumat (12/4).

Terkait kebutuhan air bersih, sambungnya, akan direalisasikan dengan penambahan tiga Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) oleh Dinas Sumber Daya Air.

"SWRO itu akan dibangun di Pulau Tidung, Pulau Lancang, serta satu lokasi di Pulau Kelapa dengan cakupan distribusi hingga Pulau Harapan," ujar Husein.

Husein menambahkan, kebutuhan dasar yang tidak kalah penting adalah terkait layanan kesehatan.

"Akses dan jangakauannya harus lebih dipermudah. Untuk itu, kami sudah mengusulkan agar nantinya ada kapal khusus untuk menunjang layanan kesehatan keliling," ungkap Husein.

Ia menjelaskan, fokus perhatian terkait kebutuhan dasar juga mencakup harga bahan pangan, khususnya sembilan bahan pokok dengan harga terjangkau.

"Rencananya, akan dibangun Jak Grosir di Pulau Tidung oleh Perumda Pasar Jaya. Kami berharap, itu bisa cepat dieksekusi karena untuk Izin Mendirikan Bangunan (IMB) saat ini sudah diproses," papar Husein.

Husein menuturkan, masalah di bidang pendidikan agar anak-anak di Kepulauan Seribu juga bisa berprestasi dan mempunyai bekal keilmuan yang baik juga menjadi perhatian utama.

"Fasilitas sekolah-sekolah yang ada di Kepulauan Seribu secara bertahap juga sudah diperbaiki. Bahkan, beberapa di antaranya dilengkapi dengan asrama untuk memudahkan para peserta didik dan guru," pungkas Husein.[dod]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09