FSAB Serukan Perdamaian Pasca Pencoblosan

Polhukam  KAMIS, 18 APRIL 2019 , 18:29:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

FSAB Serukan Perdamaian Pasca Pencoblosan

Susilo Suryo/Ist

Ketua Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB), Suryo Susilo menilai, penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 berjalan dengan lancar, aman dan damai. Hal ini tidak terlepas dari peran Polri dan TNI yang melaksanakan tugasnya dengan baik.

Susilo juga menyampaikan apresiasinya kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang meminta agar lembaga penyiaran dalam mempublikasikan hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2019, dari lembaga survei tidak lupa menyebutkan bahwa itu bukan hasil resmi.

"Semua pihak hendaknya dapat mengupayakan terciptanya suasana aman dan damai, serta dapat menahan diri untuk tidak melakukan klaim telah memenangkan pemilu sebelum KPU secara resmi mengumumkan hasilnya," kata Susilo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (18/4).

Untuk menjawab kekhawatiran terhadap keamanan suara yang telah dicatat di formulir C-1, diharapkan semua pihak dapat membantu KPU dengan ikut mengawal perjalanan surat suara dan rekapitulasi suara pada formulir C-1 dari TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga ke KPU RI.

"Saya berharap KPU juga dapat dibantu dengan pengamanan terhadap sistem IT KPU. Saya mendengar bahwa sistem IT KPU telah beberapa kali dicoba untuk diretas," terang Susilo.

Susilo juga meminta agar jangan mendahului KPU dengan pengumuman pemenangan, karena secara tidak langsung akan menimbulkan provokasi.

"Saya percaya bahwa pihak yang menang ingin menang secara bermartabat, dan pihak yang kalah ingin kalah secara terhormat melalui Pemilu yang jujur dan adil," pungkas Susilo.[dod]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09