BAZNAS dan BNPB Teken MoU Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Sosial  JUM'AT, 26 APRIL 2019 , 16:28:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

BAZNAS dan BNPB Teken MoU Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Kerjasama Baznas dan BNPB/Ist

RMOLJakart.Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dan mengoptimalkan pengentasan kemiskinan akibat bencana, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Nota kesepahaman bersama ini bertujuan menjalin kerja sama BAZNAS dan BNPB untuk mensinergikan sumber daya BAZNAS dan BNPB dalam penanggulangan bencana. Kemudian, mengintegrasikan tugas dan fungsi BAZNAS dan BNPB dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana,” kata Wakil Ketua BAZNAS, Zainulbahar Noor usai menandatangani MoU dengan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo, di Sesko TNI AU, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (26/4).

Turut hadir Ketua BAZNAS Provinsi Jabar, KH. Arief Ramdani dan jajarannya. Zainul didampingi Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS, Ahmad Fikri dan Kepala BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Dian Aditya Mandana Putri.

Tak hanya itu, lanjut dia, kolaborasi ini juga untuk meningkatkan komitmen BAZNAS dan BNPB dalam mewujudkan budaya sadar bencana. Serta, meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang holistis dan koheren.

Dan yang utama adalah pengumpulan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya dari pegawai Badan Nasional Penangulangan Bencana,” kata Zainul seraya menyebutkan bahwa MoU berlaku lima tahun.

Zainul menambahkan, bencana tidak hanya dipandang sebagai fenomena alam, tetapi juga sebagai suatu kondisi yang yang menganggu kehidupan manusia yang menyebabkan timbul korban, dampak psikososial, kerugian harta benda, dan kerugian lingkungan.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN