Ramadhan dan Lebaran, Stok Pangan di Ibukota Aman

Jakarta  SENIN, 29 APRIL 2019 , 15:49:00 WIB | LAPORAN: MOHAMAD FARHAN ZHUHRI

Ramadhan dan Lebaran, Stok Pangan di Ibukota Aman

Saefullah/Net

Menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pemprov DKI Jakarta bersama Bank Indonesia, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan stakeholders terkait melakukan rapat terbatas membahas ketersediaan pangan di ibukota.

Sekda DKI Jakarta Saefullah mengatakan, ibukota siap menyambut Ramadhan dan Lebaran 2019. Menurutnya, saat ini ketersediaan pangan dan inflasi terpantau aman.

"Pemprov DKI menyampaikan kepada masyarakat silahkan beraktivitas sesuai dengan profesi masing-masing, kami sudah menyiapkan stok pangan secara lengkap," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/4).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo mengungkapkan, dari bulan Maret lalu, inflasi di ibukota sudah menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni dari 0,26 persen menjadi 0,14 persen.

"Secara triwulan selama tiga bulan pertama kita masih relatif stabil. Tetapi kalau dibandingkan dengan daerah lain memang kita relatif lebih tinggi, yaitu kita 0,64 persen ya nasional 0,44 persen," ujar Hamid.

Wakil Kepala Bulog Divre Jakarta dan Banten Tommy Despalingga menambahkan, stok beras untuk wilayah DKI Jakarta terpantau aman. Saat ini dengan jumlah stok beras sekitar 260 ribu ton yang ada di Gudang Bulog.

"Artinya stok itulah yang akan kita jadikan sebagai alternatif atau cadangan untuk dalam menghadapi puasa dan Lebaran 2019," kata Tommy.

Dirut PT Tjipinang Food Station Arief Prasetyo Adi mengatakan, dari persediaan pangan untuk Jakarta pihaknya mengkhawatirkan mengenai stok bawang putih.

Untuk itu, pihaknya sedang mengajukan Rekomendasi Import Produk Hortikuktura (RIPH) sebanyak 20 ribu ton kepada Kementerian perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk memastikan stok tersebut aman untuk bulan Ramadhan hingga Lebaran 2019.

"Kalau izin impor nggak keluar kita akan kerja sama dengan importir di DKI Jakarta," ujar Arief.[dod]

Komentar Pembaca