HIPMI Puji Pemerintah Soal Stabilitas Harga Pangan

Nasional  SENIN, 29 APRIL 2019 , 22:13:00 WIB | LAPORAN: MOHAMAD FARHAN ZHUHRI

HIPMI Puji Pemerintah Soal Stabilitas Harga Pangan

Bahlil Lahadilia/Net

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menilai pemerintah memiliki kesigapan dan tindakan tegas untuk stabilitas harga pangan jelang Ramadhan.

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia mengatakan, tahun ini kesigapan pemerintah dalam pengaturan ketersediaan bahan pangan, distribusi dan penetapan harga di pasar dan agen pedagang sangat baik.

Selain itu, pemerintah dengan berani menindak spekulan nakal tanpa pilih kasih. Bahkan sampai mencabut izin usaha serta memproses hukum.

"Kementan berhasil siapkan pasokan produksi pangan strategis menjelang Ramadhan. Pengamanan terhadap distribusi juga bagus," kata Bahlil, Minggu (28/4).

Bahlil menuturkan, di masa sebelumnya harga pangan menjelang Ramadhan seolah jadi momok mengerikan untuk konsumen.

"Tapi sekarang ini Kementan bisa antisipasi lonjakan harga pangan. Dengan disiplin program. Hasilnya telah beberapa tahun terakhir ini harga pangan stabil," ujar Bahlil.

Menyikapi jaminan Kementan yang menyatakan tak ada lonjakan harga pangan mendekati Ramdahan serta amannya stok, Bahlil memberikan apresiasinya terhadap hal itu.

Sebelumnya, Kementan telah menginformasikan bahwa menjelang Ramadhan, harga pangan dan ketersediannya bakal normal, khususnya bawang merah dan cabai.

Kementan menjelaskan, beberapa daerah yang dijadikan sentra panen bawang merah dan cabai belum lama ini telah berhasil melakukan panen raya.

Dengan demikian, ketersediaan kedua komoditas pangan itu mencukupi di pasaran dan mempengaruhi stabilitas harga.[dod]

Komentar Pembaca