Di Depan Anies, Gubernur Bengkulu Curhat Soal Banjir

Nusantara  SELASA, 30 APRIL 2019 , 08:58:00 WIB | LAPORAN: MOHAMAD FARHAN ZHUHRI

Di Depan Anies, Gubernur Bengkulu Curhat Soal Banjir

Rohidin Mersyah/Han

Hujan deras yang melanda beberapa wilayah di Indonesia berpotensi menyebabkan banjir. Namun lain halnya dengan Bengkulu.

Bengkulu yang selama puluhan tahun tidak pernah mengalami banjir, namun tahun ini Bengkulu menjadi salah satu provinsi yang mengalami banjir cukup parah.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, banjir kali ini menjadi yang pertama sejak puluhan tahun lalu.

"Kalau Bengkulu ini memang banjir pertama. Jadi kita sejak puluhan tahun tidak pernah banjir tetapi kejadian banjir langsung massif seperti ini," kata Rohidin di Pasar Kenari bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Sempat berkomunikasi dengan Anies, Rohidin juga mengungkapkan konsep terintegrasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, kerja sama antar daerah sangat diperlukan dalam penanganan hulu tengah, dan hilir suatu kota.

"Memang konsep penanganan lingkungan kan tidak bisa sendiri, karena banjir itu pasti akibat sistemik hulu, tengah dan hilir maka kerjasama antar pemerintah yang kawasan hulu itu mesti dibangun," ujar Rohidin.

Untuk diketahui, update data dari Badan Penanganan Bencana Nasional (BNPB), korban bencana hingga Senin (29/4) pukul 08.30 WIB, tercatat 29 orang meninggal dunia, 13 orang hilang, 2 orang luka berat, dan 2 orang luka ringan.

Dari 29 orang meninggal dunia, 28 jenazah sudah berhasil diidentifikasi sedangkan satu jenazah masih dalam proses identifikasi.[dod]

Komentar Pembaca