Hari Pendidikan Nasional

Anies Serius Tingkatkan Mutu Kepsek dan Tenaga Pendidik

Jakarta  KAMIS, 02 MEI 2019 , 11:37:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Serius Tingkatkan Mutu Kepsek dan Tenaga Pendidik

Anies Baswedan/Net

Pemprov DKI Jakarta serius meningkatkan mutu kepala sekolah dan tenaga pendidik. Dengan demikian, akan tercipta pendidikan berkualitas.

Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Anies mengatakan, kepala sekolah menjadi ujung tombak dalam menghadirkan lingkungan sekolah nyaman bagi peserta didik atau murid.

Kita sedang serius meningkatkan mutu kepala sekolah, kepemimpinan kepala sekolah adalah kunci, dan program itu sedang kita dorong. Harapannya kepala sekolah yang bisa memimpin lebih baik maka ekosistem di sekolah akan lebih baik. Jadi kuncinya itu,” kata Anies.

Anies lantas mengibaratkan sebuah perusahaan. Jika dalam sebuah perusahaan kepala manajernya berkualitas maka seluruh karyawannya dan pengelolaan perusahaan akan ikut baik.

Langkah kedua yang dilakukan Pemprov DKI, lanjut Anies, akan meningkatkan mutu tenaga pengajar. Dalam hal ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat program peningkatan guru dengan APBD DKI Jakarta.

"Harapannya lebih banyak lagi guru-guru yang tersertifikasi, guru-guru yang kompetensinya ditingkatkan dan efeknya nanti pada siswa. Jadi, sebuah sekolah itu menjadi sehat atau tidak dibangun oleh kepemimpinan pendidik yang baik,” ujar Anies.

Selanjutnya, Anies akan lebih fokus mendengarkan masukan dari para siswa. Dirinya mengaku telah memberikan arahan kepada Kepala Dinas Pendidikan Ratiyono bahwa semua program pendidikan harus mendengar aspirasi siswa.

Kriteria sebuah sekolah itu baik atau tidak itu salah satu yang utama kriterianya apakah sekolahnya menyenangkan atau tidak. Kalau sekolahnya menyenangkan maka dia bisa masuk ke fase berikutnya. Tapi kalau sekolahnya tidak menyenangkan, maka semua indikator yang lain menjadi tidak akan punya efek,” pungkas Anies.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19