Pengusaha Transportasi Darat Harus Utamakan Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan

Nusantara  JUM'AT, 03 MEI 2019 , 13:33:00 WIB | LAPORAN:

Pengusaha Transportasi  Darat Harus Utamakan Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan

Kegiatan Semiloka Angkutan Jalan di Yogyakarta/hms

Pengusaha usaha bidang angkutan jalan harus mengutamakan  aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pengguna jasa mereka. Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, ketika menghadiri kegiatan Semiloka Angkutan Jalan di Yogyakarta, Kamis (2/5).

"Sebagian operator bus, saya perhatikan, agak mengabaikan aspek bagaimana visi transportasi itu harus dilaksanakan," kata Dirjen Budi.
 
Menurutnya perusahaan bus jangan hanya memburu keuntungan semata namun yang terpenting harus mengutamakan keselamatan. Dirjen Budi mengajak para pengusaha angkutan jalan untuk bersama pemerintah, meningkatkan aspek keselamatan, mengurangi angka kecelakaan.

"Pemerintah juga berupaya untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 85 Tahun 2018. Melalui regulasi ini diharapkan terjadinya perubahan mindset bagi para operator terhadap keselamatan angkutan umum," jelas Dirjen Budi.

Investasi yang dikeluarkan untuk mendukung pelaksanaan sistem manajemen keselamatan di masing-masing perusahaan akan mendorong terjadinya efisiensi biaya akibat perubahan pola pemeliharaan dan operasional angkutan yang terkendali di dalam perusahaan.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa potret angkutan umum baik angkutan orang maupun barang kita pada dekade yang lalu sampai saat ini masih cukup memprihatinkan, ditandai dengan kondisi sarana yang kurang layak, polusi udara, muatan lebih (ODOL), prilaku ugal-ugalan pengemudi dan berakhir pada kejadian kecelakaan lalu lintas fatal.

Beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas menonjol yang menimpa angkutan umum baik angkutan orang maupun maupun angkutan barang terjadi karena factor kelaikan kendaraan dan factor human error pengemudi angkutan umum,” tandasnya. [rah]


Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00