Andre Taulany Terseret Kasus Dugaan Penistaan Agama

Hukum  SABTU, 04 MEI 2019 , 15:11:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Andre Taulany Terseret Kasus Dugaan Penistaan Agama

Bukti laporan SPKT Polda Metro Jaya/Ist

Komedian Andre Taulany resmi dilaporkan ke SPKT Polda Metro Jaya. Ia diduga melakukan penistaan agama dengan nomor laporan LP/2727/V/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus.

Andre dilaporkan Persaudaraan Alumni (PA) 212 demgan tuduhan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Hukum PA 212, Damai Hari Lubis, saat dihubungi sejumlah media, Sabtu (4/5).

"Jadi kami menyesalkan atas humor yang dibuat bukan hal untuk dihumorkan, bukan hal untuk lucu-lucuan karena menyangkut seorang rasulullah," kata Damai.

Damai mengatakan, bahwa pelaporan ini perlu dilakukan agar tindakan yang dilakukan Andre tidak diikuti komedian atau artis lain sebagai seorang pekerja entertaiment.

"Kami ingin menguji penegakan hukum kita, sampai di mana kepedulian ujaran yang mengandung kebencian, yang bisa membangkitkan amarah warga sesuai hukum yang berlaku terhadap seorang artis," ujar Damai.

Damai mengungakapkan, bisa saja kalau didiamkan akan berulang kepada gunjingan atau humor terhadap Nabi Muhammad SAW.

"Seolah-olah itu perbuatan biasa. Untuk itu kami laporkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, tidak ada pembalasan. Melalui jalur hukum atas kemarahan yang dibuatnya tapi kami jalur hukum," tegas Damai.

Lawakan Andre yang dipersoalkan itu berdasarkan video yang viral saat Andre dan Sule sedang membawakan sebuah acara, saat itu Andre dan Sule mewawancarai penyanyi Virzha. Dalam video yang viral itu, Virzha mengaku mengagumi Nabi Muhammad SAW yang wanginya seperti 1.000 bunga.

"Dulu aku pernah baca kisah jadi Nabi Muhammad, dia aromanya 1.000 bunga, jadi berawal dari situ sih, kalau kita bisa wangi kenapa nggak?" ujar Virzha saat acara tersebut.

Lalu, Sule memberikan statmentnya terkait ucapan Virzha itu. "Wangi, memberikan kenyamanan kepada orang-orang," timpal Sule mengomentari ucapan Virzha itu.

Namun di sela-sela pembicaraan itu, Andre berusaha melontarkan candaan yang kemudian dianggap melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

"Aromanya 1.000 bunga? Itu badan apa kebon?" ucap Andre yang kemudian videonya viral dan menuduh Andre melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, Andre sendiri sempat meminta maaf terkait lawakannya yang dianggap melakukan penghinaan terhadap Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat dengan mengatakan merk sepatu seorang narasumber yang disebut bermerk AdiSomad.

Atas unggahannya itu, Andre mengaku meminta maaf dan tak pernah bermaksud menghina dua oarang ustadz itu.[dod]

Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00