DKI Dorong DPRD Rampungkan Perda Pangan

Jakarta  KAMIS, 09 MEI 2019 , 17:10:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

DKI Dorong DPRD Rampungkan Perda Pangan

Pasar Induk Beras Cipinang/Ist

Pemprov DKI Jakarta berencana membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Pangan. Pasalnya, kebutuhan pangan di ibukota hampir 98 persen tergantung dari luar daerah.

Saat ini, penyusunan Perda Pangan sedang dalam tahap finalisasi. Diharapkan, perda tersebut dapat disahkan DPRD DKI tahun ini.

Asisten Sekretaris Daerah DKI bidang Perekonomian, Sri Haryati membenarkan penyusunan rancangan Perda Pangan sedang dalam tahap finalisasi.

Seiring dengan itu, pihaknya sudah melayangkan surat kepada Badan Pembahasan Perda (Bapemperda) DPRD DKI untuk memasukkan pembahasan perda tersebut dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun ini.

"Iya. Ini tinggal finalisasi saja. Kita sudah bersurat ke Bapemperda. Nanti akan dibahas disana,” kata Sri di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/5).

Ia mengharapkan pembahasan perda tersebut dapat diselesaikan tahun ini. Sementara penyusunan naskah akademis sudah dibuat dari tahun 2018.

Nantinya dalam perda tersebut akan diatur ketahanan pangan mulai dari ketersediaan pangan, distribusi pangan serta konsumsi dan keamanan pangan. Perda ini dibuat karena selama ini 98 persen kebutuhan pangan di DKI Jakarta tergantung dari dari daerah produsen pangan di luar Jakarta.

"Dalam perda ini, kita tidak bicara hanya ketersediaan dan distribusi pangannya saja. Tetapi kita juga harus memberikan jaminan pangan itu memiliki kualitas baik. Itu semua diatur. Karena kita menyadari, selama ini 98 persen pangan kita dari luar. Jadi dalam perda itu kita membuka regulasi bagaimana kalau nantinya kita bisa buatkan kontrak farming,” pungkas Sri.[dod]

Komentar Pembaca