Sebagian Caleg Petahana Partai Gerindra Tergusur dari Kebon Sirih

Politik  JUM'AT, 10 MEI 2019 , 15:39:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Sebagian Caleg Petahana Partai Gerindra Tergusur dari Kebon Sirih

Syarif/Ist

Meski belum ditetapkan hasil akhir perhitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Partai Gerindra optimis dapat merebut sebanyak 21 kursi di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Para calon anggota DPRD DKI Jakarta itu pun diketahui setengahnya merupakan wajah baru.

Pasalnya, sebagian Caleg petahana tergusur dari pertarungan di dapilnya masing-masing. Caleg petahana yang gagal lolos diantaranya Ahmad Sepalga, Rina Aditya dan Nuraina.

Keyakinan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Syarif berdasarkan data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini.

Partai Gerindra dipastikannya berhasil merebut sebanyak 21 kursi dari total sebanyak 106 kursi anggota DPRD DKI Jakarta yang diperebutkan.

Jumlah perolehan kursi tersebut meningkat sebanyak 6 kursi dibandingkan Pemilu 2014 lalu, yakni sebanyak 15 kursi.

Oleh karena itu, pria yang menjabat sebagai anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta itu mengaku pihaknya tengah menyiapkan strategi, salah satunya adalah menempatkan para legislator pada masing-masing komisi sesuai dengan bidang atau latar belakang pendidikannya.

"Dari 21 calon anggota dewan yang terpilih, lebih dari 50 persen adalah wajah baru. Jadi kita sedang petakan siapa yang cocok di komisi apa. Nanti tentunya untuk wajah baru ada pendidikan dan pelatihan yang diberikan agar bisa mengikuti dan beradaptasi di DPRD DKI," kata Syarif, Jumat (10/5).

Kemampuan masing-masing calon anggota dewan tersebut katanya telah terekam saat seleksi pencalonan diri dilakukan.

Masing-masing legislator diuji kemampuan serta psikologi, bersamaan dengan pemahaman ketika menjadi anggota baru Fraksi Partai Gerindra, yakni konfigurasi politik, kebutuhan masyarakat serta ideologi, visi dan misi partai.[dod]

Komentar Pembaca