FPMSI Ajak Warganet Dukung Hasil Pemilu 2019 Versi KPU

Politik  SELASA, 21 MEI 2019 , 15:14:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

FPMSI Ajak Warganet Dukung Hasil Pemilu 2019 Versi KPU
Menyikapi dinamika politik nasional pasca pengumuman resmi hasil Pemilu 2019, Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) akan menggelar diskusi serta buka puasa bersama kalangan warganet di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (23/5) lusa.

Ketua panitia Hafyz Marshal mengatakan, diskusi ini sebagai sarana untuk meningkatkan literasi di media sosial di tengah upaya politik masyarakat, khususnya warganet dalam mengawal demokrasi yang konstitusional.

"Acara ini tujuannya untuk menguatkan kesadaran warganet dalam memperkokoh partisipasi demokrasi yang konstitusional," kata Hafyz di Jakarta, Selasa (21/5).

Menurutnya, saat ini warganet serta masyarakat dibuat bingung dan resah dengan berbagai isu yang disebar di media sosial untuk mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap hasil keputusan penghitungan resmi oleh KPU yang merupakan mekanisme hukum yang sudah jelas dan konstitusional.

"Media sosial mempunyai peranan besar bagi ruang partisipasi demokrasi, seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana literasi mencerdaskan bangsa dalam membentuk opini yang positif," ujar Hafyz.

Dalam diskusi juga akan dilaksanakan deklarasi yang menghadirkan narasumber yang kompeten sesuai bidangnya masing-masing.

Salah satu narasumber diskusi, Eko Kuntadhi mengatakan, sosial media saat ini banyak diisi dengan provokasi melalui berbagai kemasan narasi yang tujuannya untuk mendelegitimasi penyelenggara Pemilu.

Senada dengan Eko, Kordinator GESIT Agus Khudori mengungkapkan, bahwa Indonesia saat ini butuh perekat saat pengumuman hasil Pemilu 2019.

"Kita saat ini harus membuat perekat persatuan, perekatnya adalah sikap legawa dan ikhlas terhadap hasil Pemilu yang ditetapkan secara konstitusional KPU," tegas Agus.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN