Mahfud MD Sebut Kericuhan 22 Mei Bukan Tanggung Jawab Prabowo

Politik  KAMIS, 23 MEI 2019 , 05:33:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Mahfud MD Sebut Kericuhan 22 Mei Bukan Tanggung Jawab Prabowo

Aksi 22 Mei/Ist

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013, Mahfud MD menegaskan, aksi 22 Mei yang diwarnai kericuhan merupakan tanggung jawab masing-masing pribadi.

Mahfud menegaskan, kerusuhan yang terjadi di sejumlah titik di ibukota bukan menjadi tanggung jawab Capres nomor 02, Prabowo Subianto bersama timnya.

"Kesimpulan dari saya, demo-demo yang diwarnai kekerasan bukan lagi tanggug jawab Prabowo bersama timnya, tapi tanggung jawab pribadi pelakunya," ujar Mahfud MD dalam wawancara iNews TV, Rabu (22/5).

Maka, sambung Mahfud, kalau kemudian ada orang dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, atau partai politik terlibat di demonsntrasi tersebut. Maka, bukan lagi mempresentasikan organisasinya, melainkan secara pribadi.

"Orang itu harus dianggap bukan lagi sebagai representasi organisasi politik atau kontestan politik, tapi pribadi-pribadi yang melakukan tindakan. Karena ada dua hal orang yang melakukan aksi itu, pertama untuk menyampaikan aspirasi politik, (kedua) tapi kalau dengan kekerasan itu melakukan gangguan," ujar Mahfud.

Aksi unjuk rasa berlangsung di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat sejak selama dua hari.

Massa menolak hasil Pemilu 2019 yang memenangkan pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dan menuntut Bawaslu untuk mengusut tuntas kecurangan.

Namun, ada sekelompok orang yang membuat ricuh saat aparat berupaya membubarkan massa. Kericuhan diwarnai aksi pembakaran.

Tercatat ada enam orang meninggal dunia yang ratusan orang lainnya luka-luka.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN