26 Mei, Pasar Tanah Abang Baru Beroperasi Normal

Jakarta  KAMIS, 23 MEI 2019 , 12:09:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

26 Mei, Pasar Tanah Abang Baru Beroperasi Normal

Kawasan Pasar Tanah Abang/Ist

Gelombang penolakan hasil Pilpres 2019 menyebabkan aktivitas Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, terhenti beberapa hari. Pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara itu diperkirakan kembali beroperasi normal pada Minggu (26/5) mendatang.

Berdasarkan pantauan, sejak Kamis (23/5) pagi, kondisi perdagangan di Pasar Tanah Abang Blok A-G masih terlihat sepi. Para pedagang masih memilih untuk tidak berjualan karena kericuhan yang terjadi sejak Rabu (22/5) dini hari lalu.

Kericuhan itu merupakan buntut dari massa pendemo di Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, yang memaksa bergerak ke Jalan KH Wahid Hasyim hingga kearah Pasar Tanah Abang.

Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, kawasan perbelanjaan Pasar Tanah Abang Blok A-G dipastikan masih ditutup sementara secara situasional hingga Sabtu (25/5) lusa.

Namun hal ini tentunya menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

"Sejak pagi kita pantau akses ke lokasi masih banyak sisa puing, bekas bakaran ban dan pecahan kaca. Karenanya pedagang masih memilih untuk tetap tutup sementara,” kata Arief saat meninjau kawasan Pasar Tanah Abang.

Meski demikian, kata Arief, sejak awal tidak ada instruksi dari Pasar Jaya kepada para pedagang untuk menutup tokonya.

Menurut Arief, para pedagang memang memilih menutup sementara hingga situasi benar-benar kondusif. Apalagi hingga Kamis (23/5) dini hari aksi massa pendemo di depan Gedung Bawaslu masih belum benar-benar aman terkendali.

Pasar Tanah Abang sendiri hingga saat ini masih dilakukan perkuatan penjagaan, mengingat lokasinya yang sangat berdekatan dengan lokasi aksi unjuk rasa.

Perbantuan dari aparat TNI juga masih terlihat di lokasi sejak kemarin untuk membantu pengamanan pasar grosir tekstil tersebut.

Harapan kita dengan pedagang tentunya sama. Hal ini agar aktivitas perdagangan pasar bisa berjalan normal. Apalagi ini di bulan Ramadan yang merupakan titik penjualan tertinggi bagi pedagang Tanah Abang,” pungkas Arief.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN