Mahfud MD Bilang MK Bisa Menangkan 02

Politik  KAMIS, 23 MEI 2019 , 13:37:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Mahfud MD Bilang MK Bisa Menangkan 02

Gedung Mahkamah Konstitusi/Net

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013, Mahfud MD mengatakan, Mahkamah Konstitusi bisa saja membalikkan penetapan Komisi Pemilihan Umum yang memenangkan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Untuk meraih hal tersebut, kata Mahfud, syaratnya kubu Prabowo-Sandi berhasil membuktikan data kemenangannya secara meyakinkan di depan sidang MK.

"Nah kalau yang dipertentangkan itu soal angka hasil pemilu, angka perhitungan hasil pemilu itu nanti tinggal adu dokumen Adu bukti-bukti kan bahwa yang di KPU kemarin tidak benar ini kami punya bukti lain. Itu untuk mengubah angka," kata Mahfud saat wawancara dengan stasiun TV One, Rabu (22/5).

Mahfud menyebutkan, bisa saja nanti MK mengubah yang semula misalnya Jokowi memperoleh 55 persen, sementara Prabowo mendapat 45 persen, berbalik menjadi 55 untuk Prabowo.

"Atau bisa juga Pak Jokowi turun 52, Pak Prabowo naik sedikit bisa juga," ujar Mahfud.

"Tapi bisa juga Pak Jokowi itu naik. Kemungkinan itu untuk menghitung angka, itu kalau soal angka," sambung Mahfud.

Mahfud menegaskan, MK berpotensi mengubah perolehan suara. Hal ini pernah ia lakukan saat menjadi ketua MK.

"Saya waktu jadi ketua MK sering sekali mengubah suara anggota DPR. Kemudian kepala daerah, gubernur, bupati, itu yang kalah jadi menang, bisa suaranya berubah susunannya, ranking satu dua tiga menjadi yang nomor 3, nomor satu dan sebagainya," pungkas Mahfud.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN