Setelah Program Ekspedisi Ramadhan, IZI Siap Terima dan Salurkan Zakat Hingga Malam Idul Fitri

Sosial  JUM'AT, 31 MEI 2019 , 19:10:00 WIB | LAPORAN:

Setelah Program Ekspedisi Ramadhan, IZI Siap Terima dan Salurkan Zakat Hingga Malam Idul Fitri

Dirut IZI, Wildhan Dewayana/mus

RMOLJakarta. Sepanjang Ramadhan 1440 H ini Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sudah mendistribusikan sebanyak 8.832 Paket Ramadhan yang berisi sembako dan alat sholat ke wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar di seluruh Indonesia.

Penyaluran paket tersebut merupakan bagian program Ekspedisi Ramadan yang telah dijalankan IZI sejak tahun lalu.
"Selain penyaluran Paket Ramadhan, IZI juga menghadiakan iftar dan menyediakan takjil. Sebanyak 8.638 total keseluruhan takjil yang disediakan selama bulan Ramadhan di sejumlah wilayah di Indonesia." ungkap Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana dalam Konferensi Pers yang digelar IZI, Jumat (31/5).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana pun menuturkan, bahwa dengan adanya data penyaluran tersebut dapat menjadi laporan IZI kepada masyarakat luas atas aktivitas IZI di bulan Ramadan ini.

Wildhan Dewayana dan Nana Sudiana selaku narasumber dalam kesempatan ini pun sempat menceritakan kesan-kesannya dalam menyalurkan Paket Ramadan.

"Medannya berat dan jaraknya jauh dari Pontianak. Lokasi pertama 4 jam dari Pontianak. Alhamdulillah lancar," kata dia di kantor IZI, Jln. Condet Raya, Batu Ampar, Jakarta Timur.

Dia menuturkan, masyarakat di sana tinggal di kampung yang terletak di tengah hutan dan kabun karet. Mereka mengandalkan penghasilan dari hutan setelah harga karet anjlok dan tak cukup untuk membeli kebutuhan bahan pangan.

"Harga satu kilo karet enggak cukup beli sekilo beras. Sementara untuk mengumpulkan karet, tidak langsung satu pohon, tapi terdiri dari beberapa pohon," ujar Wildhan.

Sementara itu, Nana Sudiana menegaskan kegiatan Paket Ramadan bukan menjadi titik akhir program. Ada sejumlah rencana mulia yang akan dihadirkan untuk masyarakat di sejumlah daerah.

"Daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia (3T) masih memerlukan program lanjutan dari aspek pendidikan, pengiriman dai untuk membimbing mereka ke depannya, dan juga merencanakan dari sisi pemberdayaan ekonomi lokal," ujar Nana.

Sebagai lembaga zakat yang menampung ZIS (zakat, infak, sedekah), terutama di bulan Ramadan, pembawa acara Rizqi Rohmat juga menginformasikan mengenai layanan pembayaran ZIS di kantor IZI, khususnya di hari-hari akhir menjelang Idul Fitri ini.

"Tersedianya layanan pembayaran ZIS ini perlu diketahi masyarakat luas, sehingga mereka tidak lagi kebingungan untuk menunaikah kewajibannya. Transaksi dari hari Sabtu-Senin, tanggal 1-3 April 2019 bisa dilakukan di kantor IZI, dari pukul 06-00 s.d 22.00 WIB. Untuk hari Selasa (4/5) transaksi dapat dilakukan sampai dengan pukul 24.00 WIB." Jelas Rizqi Rahmat.

Ia juga menerangkan, layanan yang diberikan di kantor IZI berupa pembayaran ZIS _cash_, dan debit via CED serta _scan_ QR _code_ Go-pay untuk infak. Sementara itu bisa juga melalui aplikasi linkAja untuk zakat dan infak. Fasilitas tambahan yang juga disediakan IZI yaitu, Konsultasi Zakat.
"Selain layanan pembayaran di kantor, IZI juga menyediakan pembayaran ZIS Jemput Zakat.

Jemput Zakat tersebut bisa menghubungi atau mengirim pesan melalui nomor 081220304021. Layanan Jemput Zakat sendiri tersedia dari pukul 08.00 s.d 22.00 WIB. Mudah-mudahan dengan berbagai layanan yang tersedia dapat memudahkan masyarakat dalam membayar ZIS." Tutup Rizqi. [rah]



Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00