Anies Akan Buka CCTV Kerusuhan 21-22 Mei

Jakarta  SENIN, 03 JUNI 2019 , 05:16:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies Akan Buka CCTV Kerusuhan 21-22 Mei

Anies Baswedan/Ist

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan siap membuka CCTV yang terpasang di sekitar kawasan Bawaslu RI dan lokasi lainnya di ibukota. Hal ini untuk mengetahui secara detail terkait peristiwa kerusuhan 21-22 Mei yang merenggut delapan nyawa dan lebih dari 700 orang luka-luka.

Anies mengatakan, isi CCTV di DKI Jakarta dapat diakses melalui laman Jakarta Smart City, termasuk gambar soal kerusuhan 21-22 Mei 2019.

"Iya dong (kooperatif). Di Smart City ada," kata Anies, Minggu (2/6).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (Diskominfotik) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengungkapkan, pihaknya dapat mengakses gambar dari 7.678 CCTV yang tersebar di Jakarta.

Sebanyak 7.678 CCTV itu merupakan milik provider serta beberapa dinas seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Sumber Daya Air.

"Jadi gambarnya saja karena itu dipergunakan untuk Jakarta Smart City untuk mengembangkan berbagai inovasi dengan menggunakan CCTV," ujar Atika.

Seperti yang diketahui, peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, Rocky Gerung, menyebutkan untuk bisa mengetahui fakta yang utuh mengenai kerusuhan aksi 21-22 Mei bisa dengan membuka rekaman CCTV milik Pemprov DKI Jakarta.

Rocky mengatakan, informasi yang diketahui mengenai kerusuhan yang terjadi pasca unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat menuntut Presiden inkumben Jokowi dicoret masih bersifat parsial.

"Kapan kita tahu itu? Suatu waktu nanti ketika kita punya akses untuk melihat seluruh CCTV yang mana adalah milik Gubernur Anies Baswedan, kan seluruh CCTV itu punya DKI Jakarta kan," kata Rocky di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (31/5).

Pemprov DKI Jakarta memang memiliki 7.000 unit kamera CCTV yang tersebar di berbagai penjuru kota. Ribuan kamera ini sudah terpasang di akhir 2016 lalu, di masa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Video yang tertangkap dalam sebuah kamera milik Pemprov DKI itu diantaranya menjadi petunjuk awal bagi kepolisian dalam menjejak salah satu peristiwa selama kerusuhan 21-22 Mei.

"Nanti kita lihat, oh potongannya begini. Lalu kita bisa lihat suatu waktu kemudian, sebulan-tiga bulan kemudian," ujar Rocky.

Rocky sendiri mengaku telah melihat beberapa potongan video dari CCTV yang sudah beredar ke publik. Namun ia percaya gambaran lebih utuh mengenai kerusuhan itu dapat terlihat ketika semua rekaman CCTV dibuka ke publik.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN