Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat

Nasional  SENIN, 03 JUNI 2019 , 12:48:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat

Pantau hilal/Net

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat (penetapan) 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri, Senin (3/6) sore.

Kegiatan tersebut rencananya akan dilangsungkan mulai pukul 17.00 WIB, di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Rangkaian sidang Isbat dimulai jam 17.00 sore ini,” kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Muhammadiyah Amin, saat dikonfirmasi, Senin (3/6).

Sidang akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin.

Selain Menag Lukman, sidang Isbat rencananya juga akan dihadiri para Duta Besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Eselon I dan II Kemenag dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Melalui mekanisme sidang Isbat, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah,” ujar Amin.

Sidang Isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan Qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” pungkasnya.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah memastikan Lebaran jatuh pada Rabu (5/6). Penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah

Sedangkan jamaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatera Barat, sudah menggelar takbiran menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah pada Minggu (2/6) malam dan merayakan Lebaran hari ini.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN