Taufik: LRT Proyek Gagal, Wajar Sepi Peminat

Jakarta  SELASA, 11 JUNI 2019 , 15:13:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Taufik: LRT Proyek Gagal, Wajar Sepi Peminat

LRT Jakarta/RMOL

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengaku tak terkejut pelaksanaan uji coba untuk umum moda transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta sepi peminat.

"Wajar uji coba saja sepi peminatnya. LRT Jakarta kan proyek gagal," kata Taufik saat dihubungi Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (11/6).

Menurut Taufik, LRT Jakarta yang menghubungkan Stasiun Velodrome-Kelapa Gading merupakan proyek gagal fungsi, gagal efisiensi dan gagal waktu penyelesaian.

Taufik juga mendesak Pemprov DKI melaporkan mega proyek LRT Jakarta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena dugaan kerugian dalam proyek tersebut mencapai Rp 6 triliun.

Menurut Taufik, angka ini jauh lebih besar dari dugaan kerugian dalam swastanisasi air Jakarta yang sudah dilaporkan Pemprov DKI ke KPK sebesar Rp 1,2 triliun.

"Pemprov DKI saat ini kan sedang gencar membuat laporan ke KPK. Kami minta jangan hanya swastanisasi air saja yang dilaporkan, tapi proyek LRT yang dugaan kerugiannya jauh lebih besar juga harus dilaporkan," kata Taufik.

Taufik mengatakan, LRT merupakan proyek gagal. Karena sampai saat ini tidak kunjung dioperasikan. Padahal, pembangunannya menggunakan uang rakyat melalui APBD DKI.

"Proyek LRT Jakarta adalah proyek mubazir, dan sarat pengahambun anggaran daerah, sehingga patut diselidiki oleh KPK unsur dugaan korupsinya," ujar Taufik. Diketahui, hari pertama uji publik kereta LRT Jakarta dengan rute Kelapa Gading - Velodrome dilaksanakan. Namun sayangnya uji coba untuk umum tersebut sepi peminat.

Hingga pukul 10.30 WIB, kondisi kereta LRT terlihat masih sepi. Hanya beberapa warga dan wartawan yang menjajal moda transportasi baru berbasis rel tersebut.

Padahal uji publik ini bisa dinikmati masyarakat secara gratis selama 11 hari, mulai Selasa (11/6) sampai Jumat (21/6) dengan rute Kelapa Gading - Velodrome.

Namun Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta, Melisa Suciati mengklaim masyarakat yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut uji coba publik pada hari ini sudah penuh, yakni mencapai 5.000 orang.

"Hari ini kita sudah full 5.000 orang peserta yang sudah terverifikasi emailnya dan sudah mendapatkan e-tiket, semua fasilitas juga sudah bisa digunakan," kata Melisa.[dod]

Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26