Mudik dan Balik Gratis Lancar, Anies: Insya Allah Kita Teruskan

Jakarta  RABU, 12 JUNI 2019 , 14:21:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Mudik dan Balik Gratis Lancar, Anies: Insya Allah Kita Teruskan

Anies Baswedan terima perwakilan mudik gratis/RMOL

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana menggelar kembali program mudik dan balik gratis. Antusiasme dan respons positif masyarakat menjadi alasannya.

"Insya Allah tahun depan kita akan teruskan (mudik gratis). Kita berharap nantinya diperluas sehingga lebih banyak lagi (masyarakat) yang bisa memanfaatkan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Hari ini Anies mengundang 40 warga ke Balai Kota DKI. Mereka perwakilan peserta mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI.

Anies mengakui banyak masyarakat yang mengira mudik gratis hanya untuk pulang kampung. Ia menjelaskan program mudik gratis ini tidak hanya mengantarkan warga pulang kampung, tetapi juga kembali ke Jakarta.

Nah memang yang kita kerjakan dengan menyiapkan kendaraan mudik ini dua arah. Untuk mudik ke kampung dan dari kampung kembali ke Jakarta. Banyak yang mengira hanya satu arah, padahal dua arah,” ujar Anies.

Jadi nanti lain kali, kalau mendaftar, bisa dua kali, bolak-balik,” tambahnya.

Meski merasa program ini berjalan lancar, Anies tetap meminta agar masyarakat memberikan masukan kepada Pemprov DKI sehingga bisa menjadi masukan apabila dilaksanakan tahun depan.

Saat ini sudah ada berbagai masukan seperti disediakan buka puasa bersama, ada toilet, sampai kaos mudik bersama Pemprov DKI.

"Jadi apa lagi? Kalau Ibu-ibu, apa Bu? Snack buat buka puasanya, ya? Kalau kemarin bawa bekal sendiri-sendiri, ya? Tapi biasanya lebih enak bekal sendiri-sendiri, cuma nanti kita pikirkan, ya. Jadi biar insyaallah tahun depan bisa lebih baik lagi,” tutur Anies.

Selain itu, Pemprov DKI juga menyediakan jasa pengiriman untuk kendaraan para pemudik. Anies lalu menanyakan kepada para pemudik mengenai kondisi kendaraan pemudik dengan menggunakan fasilitas yang disediakan Pemprov DKI. Pemudik lalu menjawab kondisinya sudah sampai sesuai tujuan.

Jadi yang pakai motor juga, motornya sudah siap di kampung ya. Sudah di terminal, jadi tinggal dipakai. Alhamdulillah,” pungkas Anies.

Dalam penyelenggaraan mudik dan balik gratis ini, Pemprov DKI mengucurkan anggaran sampai Rp 14 miliar. Anggaran itu bukan hanya diperuntukkan bagi sewa bus, melainkan juga untuk menyewa truk pengangkut motor dengan total 62 truk (36 truk arus mudik dan 26 truk arus balik), pajak, pengawasan, pelaksanaan, dan pengelolaan acara.

Dari total anggaran tersebut, banyak dihabiskan untuk sewa bus sebanyak 594 armada untuk 2 kali perjalanan yang memakan anggaran sebesar Rp 11,4 miliar. Ratusan bus itu mengantar pemudik di 10 kota di Pulau Jawa.[dod]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09