Era Anies, Jakarta Tak Lagi Masuk 4 Besar Kota Termacet di Dunia

Jakarta  SABTU, 15 JUNI 2019 , 21:52:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Era Anies, Jakarta Tak Lagi Masuk 4 Besar Kota Termacet di Dunia

Macet Jakarta/Net

Publik dikejutkan dengan hasil Tom Tom Traffic Index teranyar yang dirilis, Jumat (14/6) kemarin. Karena ternyata tingkat kemacetan lalu lintas di ibukota makin berkurang

Menurut Tom Tom Traffic Index terbaru, lalu lintas Jakarta berkurang pada tahun 2018, menjadikannya kota yang menunjukkan "peningkatan terbesar" tahun lalu.

Indeks ini menempatkan Jakarta sebagai kota dengan kemacetan parah ketujuh di dunia, naik dari peringkat keempat pada 2017.

"Percaya atau tidak, lalu lintas beberapa kota semakin membaik dari waktu ke waktu! Tom Tom Traffic Index melaporkan bahwa tingkat kemacetan menurun di Jakarta," tulis akun Twitter @TomTom.

Tingkat kemacetan rata-rata di Jakarta adalah 53 persen pada 2018, dibandingkan dengan 61 persen pada tahun sebelumnya.

Beberapa pengguna Twitter mengaitkan peningkatan tersebut dengan pengoperasian MRT Jakarta, tetapi peningkatan tersebut dievaluasi sebelum MRT Jakarta beroperasi.

Tom Tom Traffic Index dihitung dari data GPS anonim yang dikumpulkan melalui perangkat navigasi sistem dasbor dan smartphone, terang indeks tersebut di situs webnya.

Dari 403 kota yang di peringkat dari 56 negara di enam benua, kota paling padat adalah Mumbai di India (65 persen), diikuti oleh Bogota di Kolombia (63 persen), Lima di Peru (58 persen), New Delhi di India (58 persen) dan Moskow (56 persen).

Diketahui, sejak memimpin ibukota pada 20 Oktober 2017, Gubernur DKI Anies Baswedan langsung mengeluarkan sederet kebijakan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kebijakan tersebut diantaranya percepatan pengoperasian MRT Jakarta, perluasan program ganjil genap dan perluasan rute serta penambahan arnada Transjakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26