Pak Anies, 11 Juli Masa Jabatan Sekda Berakhir

Jakarta  RABU, 19 JUNI 2019 , 14:55:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pak Anies, 11 Juli Masa Jabatan Sekda Berakhir

Saefullah/RMOL

Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW) Amir Hamzah mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa masa jabatan Sekda Saefullah bakal berakhir pada 11 Juli mendatang.

"Kalau sampai 11 Juli Anies tak mengeluarkan kebijakan apapun jabatan Sekda, maka otomatis posisi Sekda lowong," kata Amir di Jakarta, Rabu (19/6).

Padahal posisi Sekda sangat krusial dalam perjalanan Pemprov DKI Jakarta. Karena sebagai koordinator dan penanggungjawab Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sebentar lagi harus melakukan pembahasan APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020.

"Sekda juga punya tugas strategis membangun konsolidasi dengan para anggota DPRD baru yang akan dilantik 24 Agustus mendatang," ujar Amir.

Karenanya, untuk memilih Sekda anyar, Amir menyarankan Anies segera membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Soal masa jabatan Sekda ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setelah diperoleh tiga nama calon Sekda yang lolos seleksi, Anies sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah akan menyetorkannya kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Amir, apabila hingga 11 Juli belum ada nama pengganti Saefullah yang definitif, Gubernur DKI bisa menunjuk Pelaksana Tugas Sekda.

"Anies juga bisa memperpanjang jabatan Sekda Saefullah untuk periode berikutnya," cetus Amir.[dod]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09