Ini 10 Merek FMCG Yang Paling Banyak Dipilih Konsumen lndonesia

Ekonomi  JUM'AT, 21 JUNI 2019 , 07:16:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Ini 10 Merek FMCG Yang Paling Banyak Dipilih Konsumen lndonesia

Kantar Indonesia/ist

Lembaga data, wawasan dan konsultan Kantar Indonesia merilis Brand Footprint mencakup sektor FMCG (Produk makanan, minuman, perawatan rumah, produk kesehatan dan kecantikan) yang paling banyak diminati oleh konsumen.
 
Untuk  tingkat Global, Coca cola mempertahankan posisi teratas sebagai merek yang paling dipilih di dunia.

Sedangkan untuk tingkat local (dalam negeri), dari hasil dari studi yang dilakukan Kantar, Indomie menjadi  merek FMCG yang paling dipilih oleh konsumen di lndonesia. Hampir semua rumah tangga di perkotaan besar di Indonesia telah membeli merek ini sekitar 3-4 kali sebulan.

"Capain ini menempatkan Indomies mampu memepertahan posisi teratas selama 7 tahun benurut turut. lndomle Juga memegang posisi yang kuat di tingkat global, dengan posisi 10 di peringkat Global Brand Footprint 2019,"  kata General Manager of Kantar Indonesia, Venu Madhav, Kamis (20/6).

Sedangkan posisi kedua ditempati So Klin. Jumlah pembeli yang banyak dan strategi promosi yang tepat menjadl faktor utama yang memperkuat So KIIn menjadl merek perawatan rumah yang paling dipilih di Indonesia.

Kapal Api mempertahankan posisi  ketiga di Brand Footprint. Basis pembeli besar menjadikan Kapal Api sebagai merek minuman paling dipilih dl Indonesua urban.

Produk penyedap makanan Royco  menempati posis keempat. Disusul oleh Mie Sedap di posisi lima,  Frisian Flag di posisi enam, Indofood di posisi tujuh, dan Molto diposisi kedelapan.

"Posisi Peringkat satu sampai delapan tidak ada perubahan dengan tahun lalu. Sedangkan posisi  kembilan terjadi perubahan peringkat," ungkap Venu.

Tahun lalu, peringkat kesembilan ditempati oleh Lifebuoy. Tahun ini posisi tersebut diisi oleh Masako. Lifebuoy turun ke posisi sepuluh.

Sedangkan Marketing Director Kantar Indonesia, Fanny Murhayati mengungkapkan, Brand Footprint adalah studi tahunan yang dirilis oleh Kantar Indonesia  mengukur merek mana yang paling sering digunakan oleh konsumen.
 
"Studi yang dilakukan mencakup 85% dari total rumah tangga di perkotaan besar. Pilihan konsumen dalam Brand Footprint mengamati jumlah pembelian merek rumah tangga (penetrasi pasar) dan berapa sering merek tersebut dibeli (frekuensi)," katanya. [rah]
 


Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00