Mico, Peraih Nilai UN Tertinggi Ini Optimis Lolos Tes STAN

Ragam  MINGGU, 23 JUNI 2019 , 07:58:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Mico, Peraih Nilai UN Tertinggi Ini Optimis Lolos Tes STAN

Dominico Laudentio Gratias/RMOL

Rajin belajar, tekun dan jangan sampai kelebihan dalam belajar merupakan salah satu kiat Dominico Laudentio Gratias, siswa kelas XII Akutansi dari SMK Tarakanita Jakarta yang meraih nilai optimal dalam Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK) 2019.

Mico, sapaan akrabnya merupakan siswa yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena hasil UN yang tinggi.

Mico tak menyangka bila hasil kerjanya mendapat nilai tertinggi di UNBK "Nggak nyangka pertama kali pas keluar nilainya ya puji Tuhan saja," kata Mico saat dihubungi redaksi, Sabtu (22/6).

Awalnya Mico merasa jenuh karena ujian kali ini berbasis komputer dan menurutnya membuat capek mata saat mengerjakan.

"Kalau dari basis komputernya sendiri sebenarnya kayak agak pusing karena natap layar komputer lumayan lama dua jam agak pusing ya," ujar Mico.

Dalam UNBK, Mico harus mengerjakan empat mata pelajaran, pertama Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan jurusan kompetensi yakni Akuntasi.

Nilai yang didapat cukup tinggi, Bahasa Indonesia 100, Bahasa Inggris 92, Matematika 100, Teori Kejuruan 97,5 Total Nilai 389,5 dengan rata-rata 97,4 persen.

Mico merasa pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang rumit dari antara pelajaran yang lain.

"Merasa sulit karena soalnya menurut kita jawabannya misalnya A padahal, yang dimaksud pembuat soal B kan mirip-mirip gitu. Salah satu kiat mengatasinya, kalau dari gurunya sendiri sih banyak membahas soal terus ngasih tahu caranya banyak baca dan memperbanhak kosa kata," tambahnya.

Tidak hanya belajar, Mico juga dikenal aktif bermain futsal dengan ikut ekstrakulikuler futsal.

Atas jerih payahnya itu, Mico diundang untuk mendapatkan penghargaan di DPRD DKI Jakarta pada Sabtu (22/6).

Dari hasil inilah Mico percaya diri mendaftarkan diri ke salah satu Politeknik Negeri unggulan di Indonesia yakni Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN).

"Senang pas diundang ke DPRD, rencana sih mau lanjut ke STAN tanggal 3 nanti test masuk," tutupnya.[dod]

Komentar Pembaca