Ko-IN Dan IPI Jalin Kerjasama Guna Berdayakan Ekonomi Pesantren

Ekonomi  MINGGU, 23 JUNI 2019 , 09:48:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Ko-IN Dan IPI Jalin Kerjasama Guna Berdayakan Ekonomi Pesantren

Penandatanganan MoU antara IPI dan Ko-IN/Ist

Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) menjalin kerjasama dengan Toko Indonesia (Ko-IN) guna menggarap program community development dan pemberdayaan ekonomi dengan pesantren-pesantren di Indonesia.

"Kerja sama itu didasari oleh visi-misi Ko-IN untuk memberdayakan dan digitalisasi warung,"warung konvensional," kata Ketua Umum IPI, KH. Zaini Ahmad dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (22/6)

Kiai yang biasa disapa Gus Zaini ini juga berharap agar program ini dapat dirasakan manfaatnya oleh Pondok-Pondok Pesantren yang ada di bawah naungan IPI. Sebab mayoritas dari mereka  bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kita berharap Program ini dapat berjalan dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan langsung Pondok Pesantren yang ada di bawah naungan IPI," Harapnya.

Sementara itu, Corporate Operasional Officer Ko-IN Tias Brian mengungkapkan, agar visi-misi Ko-IN dapat terlaksana, dilakukanlah pendekatan berbasis komunitas (community based). IPI merupakan organisasi yang menaungi sekitar 21 ribu pondok pesantren di seluruh Indonesia.

'Dan Ko-IN dapat langsung bekerjasama dengan komunitas konsumen yang memiliki potensi ekonomi mikro tersebut," kata Brian.

Brian juga menjelaskan bahwa komunitas konsumen yang diwakili pondok pesantren memiliki banyak produk yang dapat dipromosikan dan dapat bersanding dan bersaing dengan merek besar.  

"Hal ini dapat ditempuh karena bersinergi dalam jaringan  Ko-IN, dan Ko-IN punya fasilitas untuk mendistribusikan seluruh hasil karya pondok pesantren," ujarnya.

Untuk tahap awal, Ko-IN akan menyasar ke sekitar 21 pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta.

"Ko-IN sendiri berada di bawah naungan PT Ritel Global Solusi," ungkapnya. [rah]

Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00