Rico Sinaga: Prematur, Kebijakan Anies Dikaitkan Pilpres 2024

Politik  SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:12:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Rico Sinaga: Prematur, Kebijakan Anies Dikaitkan Pilpres 2024

Anies Baswedan/Ist

Publik diminta berhenti mengaitkan setiap kebijakan yang diperbuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedatn berhubungan dengan Pilpres 2024.

Demikian disampaikan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga melalui keterangan tertulisnya, Selasa (25/6).

Menurut Rico, kebijakan yang dilakukan Anies saat ini memang sudah menjadi tugasnya sebagai gubernur, terutama dalam melaksanakan visi dan misinya untuk mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya.

"Terlalu prematur untuk mengaitkan kebijakan Anies baik yang populis maupun tidak populis dengan pelaksanaan Pilpres 2024. Terlebih, hingga saat ini memang belum ada deklarasi Anies akan mengikuti konstestasi itu," kata Rico.

Rico menjelaskan, Anies tentu sangat terbuka dengan adanya kritik-kritik membangun yang disampaikan. Terlebih, dalam membangun Jakarta, Anies melakukannya dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif.

"Kritik itu tentu menjadikan bagian dari dinamika. Tapi, akan menjadi kurang tepat kalau itu bertujuan untuk menjatuhkan mereka yang dianggap sebagai lawan politik," ujar Rico.

Rico juga menyampaikan, DKI Jakarta sebagai Ibukota menjadi barometer dan sorotan. Terlebih, mayoritas media-media mainstream baik cetak maupun elektronik ada di ibukota.

"Semua yang terjadi di Jakarta akan mudah terpublikasikan. Saya melihat hingga saat ini pemberitaan mengenai gubernur di DKI Jakarta porsinya lebih tinggi dari kepala daerah-kepala daerah lainnya di Indonesia," ungkap Rico.

Ia menambahkan, Anies beserta jajaran juga perlu merespons dengan cepat dan tepat adanya kebijakan berpotensi menjadi kontroversi. Sehingga, masyarakat awam bisa mendapatkan penjelasan yang cukup dan tidak terjebak dalam opini yang menyesatkan.

"Ini penting agar tidak terjadi distorsi informasi yang membuat masyarakat salah menilai," pungkas Rico.[dod]

Komentar Pembaca