Pengawasan DPRD Memble Bikin Pengelola PRJ Seenaknya Patok Harga Tiket dan Parkir

Jakarta  RABU, 26 JUNI 2019 , 09:39:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Pengawasan DPRD Memble Bikin Pengelola PRJ Seenaknya Patok Harga Tiket dan Parkir

Trubus Rahadiansyah/RMOL

Tingginya harga tiket masuk dan biaya parkir di Pekan Raya Jakarta (PRJ), yang menyebabkan banyak warga mengeluh, menunjukkan bahwa DPRD DKI Jakarta tidak optimal dalam melakukan fungsi pengawasan.

Hal ini disampaikan Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah yang dihubungi wartawan, Rabu (26/5).

Karena pengawasan DPRD lemah menyebabkan pihak PRJ dapat bebas mematok harga parkir kendaraan hingga tiket masuk.

"Sebaiknya DPRD segera evaluasi ini. Kalau selama ini kelihatannya seperti ada pembiaran dan melupakan fungsi yang lain. Memang DPRD lemah dalam hal pengawasan," kata Trubus.

Lanjut Trubus, lemahnya dalam pengawasan ditandai dengan kritikan baru muncul saat PRJ segera berakhir pada (30/6) mendatang.

"Baru deh setelah ada kritikan, seolah-olah bertindak," ujar Trubus.

Melihat kebelakang, Trubus memaparkan awal mulanya PRJ yang diadakan dalam rangka HUT Jakarta ini, tidak dipatok harga alias gratis.

Namun, dengan alasan pemeliharaan dibuatlah kebijakan dengan dikenakan tarif. Kemudian harga tiket masuk PRJ setiap tahun naik. Sayangnya kenaikan harga ini tidak dibarengi dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat.

"Mereka hanya menggembar-gemborkan PRJ dibuka dari tanggal sekian sampai tanggal sekian. Tapi tidak pernah menjelaskan tarif masuk dan parkirnya sekian," tambahnya.

"Ini kan ulang tahun Jakarta, seharusnya masyarakat menikmati dengan segala eventnya, tapi kok ini disuruh bayar. Harusnya seluruh fasilitas dan event yang menyangkut ultah Jakarta itu Gratis!," tutup Trubus.[dod]

Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00