Cegah Perpecahan, Media Massa Harus Berikan Informasi Edukatif

Polhukam  RABU, 26 JUNI 2019 , 15:19:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Cegah Perpecahan, Media Massa Harus Berikan Informasi Edukatif

Hafyz Marshal/Ist

Media massa melalui perannya sangat diharapkan memberikan informasi yang edukatif kepada masyarakat agar sistem demokrasi konstitusional yang menjadi kesepakatan bangsa dapat berjalan dengan baik dan on the track.

Media massa juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga nilai-nilai persaudaran dalam setiap pemberitaanya, dan bukan justru sebaliknya menyajikan berita-berita provokatif yang dapat membuat persaudaraan antar anak bangsa menjadi terganggu.

Atas dasar kondisi tersebut, Kata Indonesia akan menggelar diskusi bertema Peran Literasi Media Mengawal Proses Demokrasi Konstitusional dan Mewujudkan Kembali Persatuan Bangsaā€¯, sebagai sebuah tanggung jawab moral bersama insan media lainnya, guna ikut mengawal proses demokrasi secara damai dan bermartabat dengan merekatkan kembali persatuan Indonesia meraih kemajuan bangsa.

Diskusi akan digelar di Restoran Omah Bintang Jalan Tebet Raya No 73, Tebet Timur, Jakarta Selatan, Kamis (27/6) besok. Diskusi akan menghadirkan Pepih Nugraha (Pemred PepNews dan Founder Kompasiana ), Denny Siregar (Pegiat Medsos), Alois Wisnuhardana (Media Advisor/ Kantor Staf Presiden) serta dipandu oleh Hafyz Marshal (Pemred Kata Indonesia).

"Kegiatan ini dalam rangka menjaga proses demokrasi yang konstitusional secara damai dan bermartabat serta menyatukan masyarakat maupun elite politik agar kembali pada persatuan dan kesatuan bangsa," kata Hafyz Marshal melalui keterangan tertulisnya, Rabu (26/6).

Sedangkan Pemred Pepnews Pepi Nugraha mengatakan, momentum bulan Syawal atau Idul Fitri selayaknya menjadi inspirasi bagi semua kalangan untuk mengedepankan sikap jiwa besar.

Sementara Denny Siregar mengungkapkan, literasi media sangat penting bagi masyarakat. Media diharapkan memberikan informasi yang edukatif kepada masyarakat terutama dalam merekatkan kembali persatuan pasca Pemilu.[dod]

Komentar Pembaca
PPSU Bersih-Bersih

PPSU Bersih-Bersih

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:42:00

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

Ribuan Jamaah Mensalatkan Ustaz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 01:29:00

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

20 NGO Hadiri Gathering di Rawamangun

SABTU, 25 MEI 2019 , 13:35:00