Soal Hasil Sidang MK, Pemuda Muhammadiyah: Tokoh Agama Jangan Mengompori

Politik  KAMIS, 27 JUNI 2019 , 15:26:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Soal Hasil Sidang MK, Pemuda Muhammadiyah: Tokoh Agama Jangan Mengompori

Sunanto/RMOL

Ketua Pemuda PP Muhammadiyah, Sunanto berharap agar seluruh pihak menghormati hasil putusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, putusan lembaga tersebut adalah final dan mengikat.

Sunanto mengimbau agar seluruh pihak yang menggelar aksi di depan MK jangan mudah terprovokasi sehingga gampang sekali tersulut amarah.

"Satu-satunya cara agar hukum berjalan dengan mestinya adalah menerima hasil persidangan di MK. Siapapun yang terpilih. Asal tak di luar koridor kekerasan dan menambah konflik. Itu bisa menambah kerunyaman baru kalau dilihat ada benturan dan sebagainya. Kita dukung institusi tapi jangan melawan kehendak," kata Sunanto di Kantor Dakwah PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Ia melihat, aksi yang digagas Alumni 212 ini bagus, namun ada segelintir orang yang memanfaatkannya untuk kepentingan negatif. Termasuk tokoh agama juga harus memberikan edukasi, bukan mengompori.

"Mereka merusak aksi itu. Tak tahu siapa orangnya, biarkan aparat penegak hukum yang menentukan. Sidang sudah terbuka, seharusnya kita jangan melakukan tindakan yang melawan hukum. Karena bisa saja ada penyusup," ujar Sunanto.

Soal wacana rekonsiliasi atau silaturahmi antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, menurut Sunanto, harus segera dilakukan dan tidak perlu menunggu putusan MK.

"Kami di Muhammadiyah sudah menawarkan diri. Tinggal menunggu jiwa-jiwa negarawan setiap kandidat untuk mewujudkan pertemuan ini," tutup Sunanto.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19