KKPJ Siap Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Ragam  SELASA, 02 JULI 2019 , 16:19:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

KKPJ Siap Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Kolaborasi Komunitas Pendidikan Jakarta/Net

Pasca rembuk Komunitas Pendidikan Jakarta pada Mei lalu yang dihadiri oleh 17 komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Pendidikan Jakarta (KKPJ), mulai melakukan kerja nyata.

Dua agenda bersama tersebut adalah Festival Pelajar Kreatif yang diadakan di SMP 102 Jakarta Timur pada 26-27 Juni.

Acara tersebut diisi dengan pengenalan dan lomba mengenai literasi dengan pengisi Forum Lingkar Pena (FLP) bersama penulis Irfan Ramdhani.

Selain konten literasi, acara tersebut juga diisi dengan sharing mengenai kesehatan reproduksi oleh komunitas peduli kesehatan reproduksi khusus remaja, Youthizen.

Agenda kedua KKPJ adalah Festival Liburan Ceria yang diadakan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di Cipinang Besar Utara pada 30 Juni.

Acara tersebut diisi dengan lomba mewarnai dan mengambar untuk usia 6-9 tahun, talkshow parenting yang diisi oleh Komunitas Imajinasi dan Literasi Anak, sharing tentang kerelawanan dalam komunitas bersama Komunitas Ayo Mengajar.

Koordinator kolaborasi, Triwahyu mengatakan, sinergi antar komunitas menjadi penting untuk menjadi jawaban atas permasalahan pendidikan yang terjadi di Jakarta.

"Seperti yang kita tahu, banyak diantara kami (komunitas pendidikan) yang memiliki kesamaan program ataupun tujuan. Oleh sebab itu, kenapa kita tidak bekerja sama dan berkolaborAKSI untuk memajukan pendidikan di Jakarta. Ini kan sama seperti prinsip gotong royong yang sangat kental bagi rakyat Indonesia,” ujar Triwahyu dalam keterangan tertulis, Selasa (2/7).

Berikut isi dari deklarasinya:

1. Siap untuk berkolaborasi dan beraksi dengan segenap potensi yang kami miliki

2. Berkontribusi meningkatkan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan berakhlak mulia

3. Berkontribusi menumbuhkembangkan kreatifitas dan generasi muda melalui pembinaan berkelanjutan sehinga mampu berdaya

4. Siap bersaing dengan pemerintah dan segenap elemen pendidikan 5. Berpartisipasi memajukan pendidikan formal dan nonformal bagi seluruh warga Jakarta

Melalui kegiatan ini, GreatEdu juga turut ikut serta dalam KKPJ agar dapat berkembang bersama. Kedepannya, melalui pertemuan-pertemuan rutin yang dijadwalkan, KKPJ akan merumuskan program yang bukan hanya menyasar pada peserta didik atau siswa, tapi para relawan dari komunitas pendidikan di Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19