Anies: BPPT Offside!

BMKG  JUM'AT, 05 JULI 2019 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Anies: BPPT Offside!

Anies Baswedan/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah offside mengenai wacana membuat hujan buatan untuk mengatasi masalah polusi udara di ibukota.

Anies mengatakan, rencana itu belum dibahas secara matang oleh Pemprov DKI Jakarta bersama instansi terkait termasuk BPPT dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Soal hujan, nanti sesudah matang baru diumumkan. Menurut saya BPPT offside tuh jadi sebelum matang sebelum semuanya siap baru kita. Kalau kita hanya menjadi perdebatan saja,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/7).

Anies menjelaskan, untuk mengatasi masalah kualitas udara di Jakarta tidak cukup dengan langkah jangka pendek saja, melainkan perlu persiapan untuk jangka panjang.

Saat ini beberapa opsi sudah disiapkan Pemprov DKI untuk memperbaiki kualitas udara.

Beberapa diantaranya adalah, Pemprov akan memperketat uji emisi kendaraan dengan mewajibkan bengkel dan SPBU memiliki alat uji emisi, menambah alat ukur kualitas udara, mengganti bus yang masih mengeluarkan asap polusi dengan bus baru, dan mengajak warga beralih ke transportasi umum.

Anies pun menyayangkan langkah BPPT yang terburu-buru mengumumkan untuk melakukan hujan buatan sebelum ada pembahasan yang matang.

Saya mendengar BPPT sudah menyampaikan (keterangan hujan buatan) keluar. Perlu saya sampaikan bahwa itu tidak seharusnya dibicarakan dulu sebelum matang memang mau dilakukan dulu apa tidak,” pungkas Anies.

Seperti diketahui, BPPT telah mengeluarkan keterangan resmi yang di upload dalam website resmi BPPT terkait kesiapan mereka mendukung Pemprov DKI memperbaiki kualitas udara di Jakarta dengan menawarkan opsi pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca atau hujan buatan.

Kepala BPPT Hammam Riza, via pesan instan pada Kamis, (4/7), bahwa saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah DKI Jakarta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), TNI Angkutan Udara, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia.

Lebih lanjut Hammam menuturkan terkait pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) itu, serta seperti apa kesiapan BPPT dalam melakukan operasi TMC atau hujan buatan, dalam mendukung Pemprov DKI mengatasi polusi udara.

TMC disini pertama bukan TMC Polri ya. Tapi, TMC yang dilakukan oleh BPPT melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC), adalah sebuah pemanfaatan teknologi yang berupaya inisiasi ke dalam awan. Agar proses yang terjadi di awan lebih cepat, dibandingkan dengan proses secara alami,” kata Hammam mengutip dalam keterangan resmi BPPT.[dod]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45