Serapan Anggaran DKI Baru 33 Persen, Ini Respon Plh Gubernur

Jakarta  KAMIS, 11 JULI 2019 , 10:05:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Serapan Anggaran DKI Baru 33 Persen, Ini Respon Plh Gubernur

Saefullah/RMOL

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019 memasuki pertengahan tahun ternyata baru terserap 33,21 persen atau Rp 26,87 triliun. Sementara total APBD DKI 2019 senilai Rp 80,9 triliun.

Plh Gubernur DKI Jakarta yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah mengatakan, meski penyerapan baru 33,21 persen, namun tahun ini merupakan penyerapan terbaik.

"Saya rasa dari sepanjang tahun, tahun ini paling baik. Karena kita punya SPS, grafik penyerapan. Itu dikontrol. SKPD yang tidur itu kelihatan," kata Saefullah di Jakarta, Kamis (11/7).

Walau mengklaim baik dalam penyerapan, Saefullah mengaku akan terus memantau laporan per SKPD, dengan sistem yang telah disediakan.

"Nah laporannya ada di sistem. Tinggal dilihat saja," ujar Saefullah.

Seperti diketahui, penyerapan anggaran dibagi menjadi dua, yakni belanja langsung dan belanja tidak langsung.

Untuk belanja langsung, tingkat penyerapannya 25,74 persen atau Rp 11,9 triliun. Dimana belanja langsung ini mencakup belanja barang dan jasa.

Disisi lain penyerapan belanja tidak langsung mencapai 43,25 persen atau Rp 14,9 triliun, cakupannya adalah dari belanja pegawai, hibah, subsidi, bantuan sosial, dan lain-lain.

Untuk informasi terkait penyerapan anggaran, masyarakat dapat mengaksesnya di laman http:/publik.bapedadki.net.[dod]

Komentar Pembaca