Ketua DPRD Minta UNHCR Pulangkan Pengungsi Asing ke Negara Asalnya

Polhukam  KAMIS, 11 JULI 2019 , 22:36:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Ketua DPRD Minta UNHCR Pulangkan Pengungsi Asing ke Negara Asalnya

Prasetio Edi Marsudi/Ist

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendorong United Nations High Commisioner For Refugees (UNHCR) mengembalikan ribuan pengungsi asing yang terdampar di Jakarta ke negara asalnya masing-masing.

Hal ini dikarenakan pihak UNHCR belum memberikan jawaban nyata atas nasib para pencari suaka yang terlantar di ibukota.

"Saya minta kepada teman-teman UNHCR harus punya penyelesaian masalah yang konkret. Kalau nggak kembalikan ke negaranya masing-masing," kata Prasetio di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Prasetio mengatakan, sebenarnya Pemprov DKI dan DPRD DKI tidak memiliki kewenangan atas nasib para imigran. Tetapi melihat banyaknya perempuan dan anak-anak serta alasan kemanusian para pencari suaka ini akhirnya dipikirkan oleh Pemprov DKI.

"Sebenarnya kita kan enggak terlibat dengan urusan mereka. Karena kemanusiaan aja, saya minta kepada teman-teman UNHCR juga ya harus punya penyelesaian masalah yang konkret," tutup Prasetio.

Sampai Kamis (11/7) malam, Pemprov DKI bersama DPRD DKI terus melakukan pemindahan para pencari suaka yang berada dari trotoar Jalan Kebon Sirih ke lahan eks Kodim di Kalideres Jakarta Barat.[dod]

Komentar Pembaca