Ini 10 Iklan Ramadan yang Paling Disukai Konsumen Indonesia

Ekonomi  SELASA, 16 JULI 2019 , 21:38:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Ini 10 Iklan Ramadan yang Paling Disukai Konsumen Indonesia
Lembaga data, wawasan dan konsultan Kantar Indonesia memberikan penghargaan pada 10 produk dengan iklan yang paling mampu  menarik hati pemirsa Indonesia pada bulan puasa lalu

Pemberian award bertajuk Most Loved Indonesia Ramadan Ads 2019 tersebut berlangsung di Hotel Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/7).

Go-Jek dengan tema iklan Cari Kebaikan mampu menjadi pemenang The Most Loved Ads Award 2019 versi Kantar Indonesia.

Menurut Marketing Director Kantar Indonesia, Fanny Murhayati, Iklan Go-Jek tersebut menarik hati orang Indonesia melalui humornya yang menunjukkan bagaimana GO-JEK dapat membantu mereka melakukan perbuatan baik dengan lebih mudah. Penampilan masalah konsumen yang berlebihan selama Ramadan tanpa menggurui, membawa nuansa unik yang lucu.

Berdasarkan Kantar facial coding, pemirsa menjadi 50 persen lebih ekspresif ketika menonton iklan ini dibandingkan dengan iklan Ramadan lainnya,” kata Fanny dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (16/7).

Sedangkan iklan Matahari bertemakan Maknai Kebersamaan, memenangkan penghargaan iklan Ramadan Most Enjoyable. Iklan ini berkisah mengenai kerinduan seorang anak laki-laki kepada ayahnya. Menariknya, anak tersebut berpenampilan dan berperilaku seperti ayahnya.

"Cerita menjadi lengkap ketika sang ayah akhirnya pulang ke rumah,” ungkap Fanny.  

Sementara itu, iklan bertemakan Syukuri Hari oleh Djarum mendapatkan penghargaan iklan Ramadan Most Buzzworthy. Iklan ini bercerita dan menyampaikan pesan mengenai intropeksi diri, mendorong para pemirsa untuk merasa bersyukur dan menjadi lebih positif selama bulan Ramadan.

Iklan Sprite Ujian Puasa terpilih sebagai iklan Ramadhan Most Noticed untuk humor yang ringan, adegan yang berkesan dan menyegarkan.
 
P&G dengan iklan Aku Pilih Maaf Ibu terpilih sebagai iklan Ramadan Most Popular untuk cerita yang mengharukan dan membahas bagaimana ibu dan anak mengatasi ketegangan mereka karena perbedaan.

"Iklan teserbut memperoleh buzz tinggi dengan 25 juta views di Youtube,” ungkap Fanny. 

Sementara itu, CEO Kantar Indonesia, Suresh Subramanian mengungkapkan bahwa sisten penentuan pemenang dilakukan melalui teknik analisis yang menggabungkan teknik survey dengan  neuroscience seperti facial coding, untuk mengidentifikasi ekspresi dan emosi yang dipicu oleh iklan dan bagaimana pengaruhnya terhadap hubungan emosional dengan konsumen.

Iklan Ramadan paling sukses tahun ini telah mendobrak norma iklan tradisional Ramadan. Penerimaan pemirsa Indonesia akan terobosan tersebut mencerminkan perubahan Indonesia yang mencari dan menghargai ketulusan dari tujuan yang otentik,” katanya. [rah]

Berikut The Top Ten Most Loved Ad 2019 Kantar Indoensia:
1.    GO-JEK, Cari Kebaikan
2.    Djarum, Syukuri Hari
3.    Pepsodent, Sahur Amal
4.    Marjan, Timun Mas dan Buto Ijo
5.    Sprite, Ujian Puasa
6.    Matahari, Maknai Kebersaan
7.    Nippon Paint, Mas Kulin Pulang
8.    Zilingo, Belanja Versi Gue
9.    Blibli, Bahagia itu kita yang buat
10.    Ramayana, Lebaran di Planet Udique
 

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45