Geruduk Balai Kota, Nelayan Tuntut Status Raperda RZWP3K

Peristiwa  SELASA, 16 JULI 2019 , 21:43:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Geruduk Balai Kota, Nelayan Tuntut Status Raperda RZWP3K

Demo nelayan Pesisir Jakarta/RMOL

Puluhan nelayan pesisir Jakarta dan Tangerang serta sejumlah organisasi masyarakat sipil menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (16/7).

Padahal Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang tidak berada di Balai Kota, karena sedang melakukan kunjungan kerja ke Kolombia dan Amerika Serikat.

Para pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Untuk Keadilan (AMUK) menyuarakan penolakan terhadap Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Sekjen Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara), Susan Herawati mengatakan, para nelayan sebenarnya tidak menuntut banyak. Justru mereka hanya ingin jaminan keberlansungan mata pencahariannya.

Pendemo juga menolak Raperda RZWP3K, karena raperda ini secara gamblang meluruskan perampasan ruang hidup masyarakat pesisir melalui proyek reklamasi.

"Dalam analisis kami, Raperda RZWP3K tak membahas pemukiman nelayan di Teluk Jakarta. Sedihnya lagi, di dalam raperda itu membahas pemukiman non-nelayan," kata Susan.

"Ini kan jadi pertanyaan, karena pemukiman non-nelayan itu berarti real estate atau rumah mewah yang berada di wilayah pesisir," tegas Susan.[dod]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09