Pengamat: Rizal Ramli Berpeluang Mengisi Slot Gerindra Di Kabinet

Politik  SABTU, 20 JULI 2019 , 13:31:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pengamat: Rizal Ramli Berpeluang Mengisi Slot Gerindra Di Kabinet

Rizal Ramli/Net

Selangkah lagi Partai Gerindra akan bergabung dengan pemerintahan baru Jokowi Widodo. Pernyataaan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto "kami siap membantu jika diperlukan" saat bertemu dengan Presiden terpilih Jokowi di Jakarta pada 13 Juli 2019, adalah isyarat bahwa Gerindra siap bergabung di pemerintahan baru Jokowi.

Pengamat politik yang juga Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengatakan, kemungkinan Gerindra bergabung dengan kabinet Jokowi-Maruf sangat terbuka lebar. Dia memprediksi jika gabung, sepertinya Gerindra mengincar posisi menteri ekonomi.

Menurut Ray, Rizal Ramli berpeluang mengisi slot Gerindra untuk Menko Perekonomian. RR sapaan akrab ekonom senior itu merupakan tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur, dan beragam prestasi telah ditorehkan.

Tidak hanya pengalaman di bidang ekonomi, RR juga memiliki kelebihan hubungan yang dekat dengan Jokowi maupun Prabowo. Dia pernah dipercaya menjabat sebagai Menko Maritim oleh Jokowi. Sementara di pilpres lalu, dia menjadi jurukampanye Prabowo.

"Mereka (RR dan Prabowo) sudah dekat dari awal. Dia (RR) juga punya banyak catatan yang bagus soal upaya ekonomi yang lebih baik. Dan itu juga bisa menjaga Jokowi dari kemungkinan pengaruh pasar yang semakin kuat," tegas Ray di Jakarta, Jumat (19/7).

Sementara itu, Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Syaroni mengatakan, jika Gerindra ingin mewujudkan program-programnya melalui pemerintahan dan di sisi lain tidak ingin mengecewakan para pendukungnya, maka solusinya adalah menunjuk tokoh yang satu visi dengan perjuangan partai tapi bukan pengurus.

Menurutnya, jika yang tokoh ditunjuk tersebut adalah Rizal Ramli, maka itu adalah pilihan yang sangat tepat. RR bisa menjadi jembatan penghubung antara Prabowo dengan Jokowi. Dia dekat dengan keduanya. Sehingga bisa menjadi lalu lintas komunikasi yang efektif agar keinginan kedua belah pihak dapat disinergiskan.

Selain itu, RR adalah sosok ekonom kerakyatan. Pemikirannya hampir sama dengan arah perjuangan Gerindra. Oleh karena itu jika dipercaya menjadi Menko Perekonomian, maka janji -janji politik Prabowo bisa diwujudkan.

"RR sudah pengalaman di pemerintahan. Pernah menjabat Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan di era Presiden Gus Dur dan pernah menjabat Menko Kemaritiman di Kabinet Kerja. Sehingga jika ditunjuk menjadi menteri maka akan mampu berkonstribusi positif untuk rakyat," tandas Syaroni.

Sambung Syaroni, RR juga dekat dengan para relawan dan pendukung kedua tokoh tersebut. Dia bisa menjadi pemersatu antar kedua kubu relawan yang hingga kini masih terlihat letupan-letupan perbedaan.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00